Kulit yang bersih, kenyal, dan bercahaya adalah ciri dari kulit yang sehat. Namun, bagaimana jika sudah mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan cukup istirahat namun kulit masih tampak kusam dan tidak bercahaya? Sebaiknya cobalah melakukan latihan yoga.
source: http://img1.rnkr-static.com/
Kim Kadarshian aktif melakukan yoga demi kecantikan
source: http://img1.rnkr-static.com/
Bagi beberapa selebriti, rahasia kulit mulus dan bercahaya yang mereka miliki ternyata berasal dari gerakan yoga yang rutin mereka lakukan. Mereka meyakini bahwa yoga tidak hanya sekedar gerakan olahraga, melainkan manajemen tubuh yang mampu merangsang sirkulasi darah, meningkatkan kekebalan tubuh, merangsang tubuh memproduksi lebih banyak sel-sel baru dan mengganti sel-sel rusak. Regenerasi sel-sel yang rusak tidak hanya akan menyehatkan tubuh, kulit pun mendapatkan manfaatnya sehingga akan tampak lebih kenyal dan bercahaya. Bahkan, beberapa gerakan yoga tertentu mampu mengatasi permasalahan kulit seperti kusam akibat minyak berlebih dan jerawat yang tidak kunjung sembuh. Tertarik ingin mencobanya?
Berikut adalah beberapa gerakan yoga yang telah terbukti tidak hanya mampu menyehatkan tubuh tetapi juga memperbaiki kondisi kulit serta membuatnya tampak lebih halus, kenyal, dan bercahaya. Bagi yang belum pernah melakukannya jangan khawatir ya, karena tanpa pemandu, gerakan rileks ini sangat aman dilakukan. Selain akan dijelaskan step-by-step setiap gerakan, akan dijelaskan pula hal-hal yang perlu dihindari agar gerakan tersebut tidak menimbulkan cedera. Yuk mulai!

1. Gerakan Padmasana

youtube:tvWPAgsNt6A
source: https://www.youtube.com/watch?v=tvWPAgsNt6A
How to do Padmasana (Lotus Yoga Pose)
step by step melakukan gerakan padmasana
source: https://www.youtube.com/
Gerakan yoga ini menyimpan banyak manfaat kesehatan karena akan berfokus pada hampir di seluruh bagian inti tubuh. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah yang kurang lancar terutama pada bagian kepala dan leher, memurnikan darah dengan cara meningkatkan kinerja hati dan jantung. Tidak heran jika gerakan padmasana mampu menyehatkan kulit dan membuatnya tampak bercahaya. Tubuh kita akan berpose menyerupai bunga lotus yang sedang mekar.
Cara melakukannya: Duduklah di lantai dengan kaki lurus di depan. Jangan menekuk lutut ketika meluruskan kaki. Tekuk lutut kanan, angkat dengan tangan kanan dan letakkan di sisi luar paha kiri. Secara bergiliran, tekuk lutut kiri, angkat dengan tangan kiri dan letakkan di sisi luar paha kanan. Letakkan kedua tangan di paha dalam posisi mudra dhyana. Saat posisi mudra, sentuhlah ujung jari telunjuk tangan ujung ibu jari. Tutup mata dan cobalah untuk berkonsentrasi pada pernapasan. Tetap stabil dalam pose ini selama 5-10 menit dan kemudian lepaskan. Ulangi kegiatan ini setiap hari untuk hasil yang lebih baik.
Hal yang harus diperhatikan: Jangan melakukan gerakan ini jika sedang dalam cedera lutut.

2. Gerakan Sarvangasana

youtube:szKRq3L1_N8
source: https://www.youtube.com/watch?v=szKRq3L1_N8
How to do Sarvangasana (Shoulder Stand pose)
step by step melakukan gerakan sarvangasana
source: https://www.youtube.com/
Gerakan ini mampu menghapus keriput, mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus pada wajah, lipatan pada leher, hingga kulit bagian tubuh yang tampak kendur. Pose ini akan meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh sehingga efektif meningkatkan elastisitas kulit. Dengan begitu kulit kita akan tampak kenyal bercahaya.
Cara melakukannya: Berbaringlah di atas permukaan lantai yang datar sehingga tubuh benar-benar lurus. Angkat kaki pada sudut 90 derajat. Tekan telapak tangan ke tanah dan angkatlah pinggang secara perlahan sehingga kaki maju ke depan. Sokong pinggang dengan telapak tangan, dan mulailah mengangkat kaki sehingga mereka tegak lurus. Sekarang angkat seluruh tubuh, sehingga seluruh berat akan tertumpu pada bahu. Tambatkan siku pada permukaan lantai sehingga hanya telapak tangan menyokong seluruh tubuh. Tahan pose selama sekitar 50 sampai 100 hitungan sambil memusatkan perhatian pada kuku kaki. Pastikan kaki posisi kaki stabil. Setelah selesai, turunkan kaki perlahan hingga posisi tubuh kembali ke lantai dan berbaring.
Hal yang harus diperhatikan: Karena gerakan ini dapat membuat wajah dan kulit bersinar, lakukan dengan gerakan lambat dan sesuai urutan. Gerakan yang tergesa pada saat mengangkat kaki dan mengangkat tubuh dapat menyebabkan cidera, tergelincir, gangguan pada organ hati, hingga tekanan darah tinggi. Gerakan ini tidak disarankan untuk wanita atau pria berusia di atas 50 tahun.

3. Gerakan Savasana

youtube:oh8z3FHjdW4
source: https://www.youtube.com/watch?v=oh8z3FHjdW4
Beginners Yoga - Savasana (corpse pose)
step by step melakukan gerakan savasana
source: https://www.youtube.com/
Gerakan ini hampir menyerupai pose seseorang yang sedang tidur. Yoga shavasana biasanya merupakan posisi istirahat dan relaksasi yang dipraktekkan menjelang akhir setiap sesi yoga. Hal ini dimaksudkan untuk penyembuhan seluruh bagian otot tubuh. Dalam keadaan istirahat, jaringan dan sel tubuh yang rusak akan diperbaiki dan menurunkan hormon penyebab stres. Gerakan shavasana bekerja pada seluruh bagian tubuh termasuk kulit. Kita dapat langsung merasakan khasiat dari gerakan ini karena pada saat melakukannya, tubuh secara efektif melakukan revitalisasi.
Cara melakukannya: Berbaringlah di atas permukaan datar dan tutup mata. Usahakan untuk menempatkan posisi sedemikian rupa agar tubuh merasa rileks. Letakkan lengan sejajar dengan tubuh, jagalah posisi telapak tangan agar tetap terbuka dan menghadap ke atas. Fokuslah pada setiap bagian dari tubuh sementara yang jarang diistirahatkan atau bahkan tidak pernah bersantai sama sekali. Tarik napas perlahan dan dalam, buang nafas dengan rileks. Biarkan tubuh rileks sepenuhnya, buanglah segala macam pikiran dan pastikan jangan sampai tertidur. Setelah sekitar 10 sampai 15 menit, ketika tubuh sudah merasa benar-benar santai, ubahlah posisi tubuh di satu sisi sambil tetap menutup mata. Bertahanlah dalam pisisi tersebut selama satu menit. Setelah itu, ambillah posisi padmasana dan bukalah mata.
Ketiga gerakan yoga tersebut merupakan serangkaian yoga yang mampu mempercantik dan memperbaiki kondisi kulit. Jika dilakukan secara rutin, gerakan yoga juga mampu meningkatkan pancaran aura kecantikan dari dalam tubuh, lho!
“Inner beauty should be the most important part of improving one's self - Priscilla Presley”