Kita sepertinya tidak pernah merasa puas dengan bentuk rambut alami yang dimiliki. Pelurusan rambut dilakukan demi menyempurnakan bentuk rambut yang keriting sedangkan pengeritingan rambut justru dilakukan oleh para wanita yang memiliki bentuk rambut lurus. Memperbaiki atau mengubah penampilan sah-sah saja jika dilakukan dengan cara yang tepat agar rambut kesayangan tidak akan rusak, kering, dan patah.
Alat catok memanfaatkan panas untuk bekerja secara maksimal agar dapat membentuk rambut sesuai keinginan kita. Sama halnya dengan hair dryer, penggunaan dengan suhu yang berlebihan sangatlah tidak disarankan. Alih-alih agar cepat selesai dan rambut terbentuk sempurna, kita merusak rambut dengan menggunakan alat catok yang bersuhu tinggi.
Nah, agar rambut kita menjadi lurus atau keriting sempurna, berikut adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan berkaitan dengan peralatan catok yang kita miliki:

1. Memilih Ukuran Alat Catok yang Tidak Sesuai Dengan Tipe Rambut

Walaupun fungsi utama alat catok adalah untuk meluruskan rambut, kondisi dan tipe rambut berkaitan dengan ukuran alat catok yang sesuai. Itulah sebabnya mengapa kita dapati banyak alat catok yang berukuran kecil hingga besar. Alat catok dibagi menjadi 5 jenis ukuran, yaitu mulai dari 0.5” hingga 2”. Potongan rambut pendek berponi disarankan menggunakan catok berukuran 0,5”. Untuk catok berukuran 1” lebih cocok untuk meluruskan rambut pendek sedang. Bagi pemilik rambut sebahu, gunakanlah catok berukuran 1,25”. Ukuran catok 1,5” dapat digunakan untuk meluruskan rambut yang sedikit lebih panjang melebihi bahu dan bagi pemilik rambut yang sangat panjang lebih disarankan menggunakan catok berukuran 2”.
source: https://img.buzzfeed.com/
Ukuran catok tidak hanya mempengaruhi kenyamanan saat digunakan tetapi juga akan menyempurnakan hasil pelurusan serta tidak akan merusak rambut kita. Rumus dasarnya adalah semakin pendek rambut seseorang, semakin kecil dan tipis pula alat catok yang digunakan. Semakin panjang dan tebal rambut seseorang, semakin lebar alat catok yang digunakan akan semakin baik. Sebelum memutuskan untuk membeli alat catok, lebih baik sesuaikan terlebih dahulu dengan panjang rambutmu, ya!

2. Tidak Memperhatikan Bahan Dasar Alat Catok

Alat catok memiliki beberapa jenis bahan dasar yang digunakan sebagai elemen pelurusan pada saat dipanaskan. Terkadang kita melewatkan hal ini dan lebih memilih untuk membeli sesuai dengan merek, iklan, atau harga yang lebih terjangkau. Tujuan utama untuk mengetahui elemen ini adalah agar rambut kita dapat lurus sempurna.
source: https://img.buzzfeed.com/
Sedikitnya terdapat tiga jenis elemen yang harus kita pahami, pertama alat catok yang terbuat dari elemen keramik. Alat catok dari keramik meratakan panas dengan baik dan meminimalisir terjadinya rambut terbakar.
Kedua, alat catok yang terbuat dari elemen titanium. Elemen titatium lebih cepat mengalirkan panas dan dapat membuat rambut cepat lurus. Tidak seperti keramik, jangan terlalu lama menempelkan rambut terlalu lama karena dapat membakar rambut.
Elemen ketiga yaitu yang terbuat dari tourmaline. Tourmaline merupakan sejenis batu kristal mineral yang mampu menghasilkan panas dengan sangat baik sehingga rambut kita tampak lebih mengkilap, lebih lurus dan tidak mudah patah. Jika dibandingkan dengan elemen yang lain, harganya sedikit lebih mahal. Jadi, jika ingin mendapatkan hasil catok seindah salon, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu elemen pembuatnya dan cobalah untuk mengatur panasnya.

3. Lupa Menggunakan Vitamin Rambut

source: http://www.seductivehairstyles.com/
Hal ini bahkan kita lakukan dengan sengaja. Memanaskan rambut dengan suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan fatal dan permanen. Menggunakan vitamin rambut akan melindungi rambut dan membuat hasil catokan lebih tahan lama dan berkilau.
Rambut adalah aset terpenting wanita, sesulit apapun perawatannya jangan ragu dan malas untuk mengaplikasikan dengan benar, ya!
“I think that the most important thing a woman can have- next to talent, of course, is her hairdresser - Joan Crawford.”