Traditional Foundation Brush

Brush adalah aplikator foundation yang paling umum kita jumpai. Saat ini, ada banyak sekali tipe brush yang dapat digunakan untuk mengaplikasikan foundation di wajah. Tipe brush pertama adalah Traditional Foundation Brush, yakni jenis kuas yang bentuknya mirip seperti kuas lukis. Kuas ini memiliki bentuk yang datar, padat, dan ujung sedikit membulat. Cara menggunakan traditional foundation brush pun mirip dengan menggunakan kuas lukis, yaitu dengan menggerakkannya maju mundur untuk membaurkan foundation.
source: http://www.sloanmagazine.com/louise-young-foundation-brush/
Penggunaan kuas ini sangat praktis karena hanya dengan sedikit gerakan, foundation dapat tersapu secara merata ke seluruh bagian wajah. Traditional Foundation Brush dapat memberikan hasil yang menutup sempurna di wajah. Sayangnya, kuas ini kurang mendetail ketika digunakan untuk bagian-bagian lipatan wajah.

Flat Top Brush

Flat Top Brush merupakan kuas makeup yang memiliki bulu padat dan rapat. Panjang dari bulu-bulu dalam kuas ini sama panjang dan berbentuk rata. Flat Top Brush sangat bagus digunakan untuk menghasilkan tampilan makeup yang bisa menutup kekurangan di wajah dengan sempurna. Kekurangan dari Flat Top Brush adalah kemampuannya dalam memberikan full coverage justru bisa membuat makeup terkesan tebal. Karenanya, kuas ini harus digunakan dengan hati-hati supaya tampilan makeup tidak menjadi terlalu berlebihan.
source: http://www.tweezerman.com/store/product/flat-top-foundation/

Stippling Brush

Stippling Brush biasa disebut juga dengan nama Duo Fibre Brush. Brush ini memiliki dua jenis bulu, jenis pertama merupakan bulu yang pendek yang rapat. Di sela-selanya terdapat bulu yang lebih panjang dan disusun jarang. Stippling Brush bisa dipakai dengan gerakan memutar pada seluruh bagian wajah. Stippling Brush bisa menghasilkan tampilan makeup yang tipis namun halus, sehingga sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin memakai foundation, namun tidak ingin terlihat medok atau norak.
source: https://nerdyniamhsnotes.wordpress.com/2015/03/10/iherb-purchases/

Beauty Sponge

Beauty Sponge merupakan sponge serba guna yang tidak hanya bisa digunakan untuk mengaplikasikan foundation, tapi juga concealer, blush on, hingga bedak. Beauty Sponge menjadi peralatan wajib bagi para beauty enthusiast karena dapat memberikan hasil akhir yang sempurna seperti menggunakan airbrush makeup. Saat ini ada beberapa brand yang mengeluarkan produk Beauty Sponge. Di antaranya adalah Beauty Blender, Real Technique, dan Tammia.
source: http://www.beausian.com/product/beauty-blender-water-drop-shop/

Vibrating Puff/Sponge

Vibrating Puff adalah aplikator foundation yang bisa bergetar. Puff atau sponge dalam alat ini bisa bergerak dengan jumlah mencapai belasan ribu per detiknya. Getaran inilah yang membantu kita untuk mendapatkan hasil riasan yang sempurna karena foundation dapat menyerap dengan lebih mudah ke dalam pori-pori kulit kita.
source: https://www.youtube.com/watch?v=Z8y98oib1xw

Oval Brush

Oval Brush adalah aplikator foundation yang sedang naik daun belakangan ini. Karena bentuknya yang mirip dengan sikat gigi, Oval Brush sering pula disebut dengan Toothbrush Foundation Brush. Oval Brush cocok digunakan untuk menghasilkan makeup yang full coverage. Bentuk Oval Brush yang memiliki batang dapat memudahkan penggunanya untuk mengendalikan alat ini ketika menggunakan foundation.
source: https://www.youtube.com/watch?v=pRriNLTmJqQ