1. Meningkatkan Kualitas Memori


Pada saat kita tidur, terjadi proses konsolidasi memori pada otak kita. Ingatan-ingatan, perasaan, dan kejadian-kejadian yang terjadi yang terekam dalam otak kita akan terkonsolidasi ketika kita tidur. Oleh sebab itu, tak heran jika kita sedang mengalami masalah hal itu akan terbawa mimpi. Nah, semakin sering otak melakukan proses ini maka akan semakin tajam otak dalam mengkonsolidasi memori. Oleh sebab itu, semakin baik kualitas tidur kita maka akan meningkatkan kemampuan memori kita.

2. Memperlancar Metabolisme


Organ pencernaan merupakan salah satu organ tubuh yang terus-menerus bekerja tanpa henti, bahkan pada saat kita tidur. Justru organ pencernaan ini bekerja maksimal ketika kita tidur. Pada saat kita tidur, lambung akan melakukan gerak peristaltik yang bertujuan untuk menguras seluruh isi lambung. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang yang memiliki kebiasaan buang air besar di pagi hari setelah bangun tidur.

3. Meregenerasi Sel-Sel


Proses regenerasi sel-sel terjadi pada saat kita tidur. Jika waktu tidur kita kurang, maka proses ini tidak akan berjalan sempurna. Oleh sebab itu, tidurlah yang cukup untuk mengoptimalkan proses regenerasi sel-sel sehingga akan ada energi baru untuk memulai aktivitas di pagi hari.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Pada saat kita tidur di malam hari, tubuh memproduksi hormon melatonin yang salah satu fungsinya bersifat sebagai antioksidan untuk menangkal virus dan radikal bebas. Jika waktu tidur kita kurang, maka produksi hormon melatonin ini juga akan berkurang sehingga hal ini mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh. Sebagai tambahan, untuk memaksimalkan pelepasan hormon melatonin ini, sebaiknya Minasan tidur di tempat yang gelap karena adanya cahaya mampu menghambat proses pelepasan tersebut.

5. Menjaga Berat Badan


Tetap terjaga di malam hari seringkali membuat kita merasa lapar. Akibatnya, kita akan sering ngemil di malam hari. Seringnya ngemil di malam hari tanpa diimbangi aktivitas fisik yang mampu membakar kalori akan menyebakan obesitas. Oleh sebab itu, untuk mengontrol nafsu makan Minasan, tidurlah yang cukup selama 8 jam.