Mata Lelah dan Pegal-Pegal


Terlalu lama memandang layar gadget dengan posisi yang sama selama berjam-jam dapat membuat mata kita lelah. Tak hanya itu, posisi menunduk yang terus-menerus dapat menimbulkan ketegangan pada otot leher. Pernakah Minasan merasakan pegal-pegal di leher dan juga pusing jika terlalu lama memandangi layar gadget? Jika iya, kurangilah intensitas menatap layar gadget yang yang menuntut kita untuk terus menunduk.

Mengurangi Aktivitas Sosial


Gadget dibuat untuk mempermudah kehidupan sehari-hari kita, terutama untuk sumber informasi. Dengan gadget, kita dapat tetap terhubung dengan keluarga atau teman yang jauh dengan adanya aplikasi sosial media. Namun apa jadinya jika aktivitas di sosial media lebih banyak daripada interaksi secara langsung dengan orang sekitar? Jika semua orang terlena dengan kehidupan sosial di dunia maya dengan gadget, maka hal tersebut akan semakin mengurangi aktifas sosial kita sebagai manusia. Berusahalah untuk tetap mengobrol dan bercanda dengan teman sekitar, jangan terlena dengan gadget.

Stres


Gadget bisa menyebabkan stres? Benarkah? Mengapa demikian? Bagi Minasan yang gemar chatting, telepon, dan aktivitas sosial dunia maya lainnya, pernahkah Minasan menunggu balasan chatting, telepon, sms dari teman atau seseorang yang diharapkan? Jika balasan tersebut tak kunjung datang, hal ini membuat Minasan merasa cemas dan gelisah, bukan? Nah oleh sebab itu, jangan terlalu mengandalkan gadget untuk berhubungan sosial ya!

Membuang Waktu


Bermain game tidak dilarang, namun jika bermain game terus-menerus akan membuat kita lalai akan tugas sehari-hari. Saat ini banyak sekali aplikasi permainan untuk gadget. Sehingga tanpa disadari, waktu yang ada telah terlewati dan Minasan belum menyelesaikan tugas Minasan. Nah untuk menyikapi hal ini, Minasan harus mampu mengatur waktu untuk melakukan tugas sehari-hari dan waktu untuk melenakan diri dalam permainan yang ada di gadget.

Efek Radiasi bagi Kesehatan


Radiasi gelombang elektromagnetik dari gadget dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh kita, misalnya dapat menganggu proses metabolisme tubuh. Terutama jika Minasan sedang tidur, lebih baik jauhkan gadget untuk mendapatkan kualitas tidur yang sempurna karena pada saat tidur, tubuh kita mengeluarkan hormon melatonin yang berperan penting dalam tubuh kita. Pelepasan hormon melatonin ini akan terganggu jika terkena cahaya, misalkan cahaya dari layar gadget.