Mempertimbangkan Undertone Kulit Kamu

Kunci untuk menonjolkan warna mata adalah dengan memilih warna. Pertama, kamu bisa mempertimbangkan dulu undertone kulit. Dengan ini bukan hanya warna yang kamu pilih dapat mempercantik mata, tetapi cocok pula dengan kulit. Warm undertone akan cocok dengan warna-warna gold, olive, coral, atau bronze. Cool undertone akan lebih cocok dengan warna biru atau ungu.
source: http://www.reveal.co.uk/beauty/feature/a624963/kylie-jenner-stuns-with-smoky-glittery-eyeshadow-get-the-look.html

Sebelum Menggunakan Riasan Mata

Sebelum menggunakan riasan mata, terutama eyeshadow, penting untuk menggunakan eyeshadow primer. Ini demi permukaan kelopak mata yang lebih halus dan riasan mata yang tahan lama. Pilihlah eyeshadow primer yang paling mendekati warnanya dengan warna kulit kamu. Bisa kamu aplikasikan dengan jari atau brush. Pastikan seluruh kelopak mata dari crease sampai brow bone terjangkau oleh eyeshadow primer. Barulah kamu menggunakan eyeshadow pilihan kamu.
source: http://mytopface.com/eyeshadow-for-brown-eyes/

Tepat Memilih Warna Eyeshadow

Untuk kamu pemilik mata cokelat sebenarnya dapat menggunakan warna apa saja. Namun, Ingat bahwa warna yang lebih terang akan memaksimalkan warna dan ukuran mata kamu, sedangkan warna gelap akan memberi efek meminimalkan. Namun, bukan berarti warna gelap tidak diperbolehkan sama sekali. Kamu bisa menggunakan warna abu-abu, ivory, atau beige. Untuk warna yang lebih tidak biasa, kamu bisa mencoba warna seperti hijau tua bahkan oranye. Coba juga warna-warna seperti gold, bronze, ataupun silver.
source: http://www.shelookbook.com/right-makeup-for-brown-eyes.html

Menonjolkan Mata Dengan Eyeliner

Jika kamu memilih untuk tidak menggunakan eyeshadow, eyeliner bisa jadi pilihan kamu. Warna yang bisa membantu mendefiniskan mata cokelat kamu dengan lebih cerah adalah warna cokelat gelap. Untuk pilihan lain, kamu bisa mencoba eyeliner navy. Untuk kamu yang ingin penampilan lebih berani, maka gunakan eyeliner bronze. Jika kamu memakai warna yang terlalu gelap seperti hitam, gunakan dengan garis yang tipis. Jika memakainya dengan tebal, maka mata cokelat kamu akan tersembunyi.
source: http://www.popsugar.com/latest/Keri-Hilson

Menggunakan Eyeliner Berwarna Putih

Kontras mata yang gelap, cokelat, dengan warna putih akan membuat warna mata lebih menonjol. Ini akan memberikan mata kamu definisi serta menarik perhatian. Gunakan sedikit saja eyeliner putih di bagian sudut dalam atau sudut luar mata. Sentuhan sedikit itu akan memberikan percikan yang diperlukan untuk memberikan tampilan mata cokelat yang menonjol. Atau, kamu bisa menggunakan eyeliner putih ini ke seluruh bagian bawah mata untuk tampilan yang lebih berani. Selain menggunakan eyeliner putih, kamu bisa menggunakan highlighter atau eyeshadow warna terang. NYX Retractable Waterproof Eyeliner tersedia dengan warna silver. Kamu dapat pula menggunakan warna silver yang mendekati warna putih ini. NYX Retractable Waterproof Eyeliner diberi harga Rp105.000.
source: https://ro.pinterest.com/pin/27936460160101148/

Menggunakan Makeup yang Natural

Jika kamu ingin fokus untuk memperlihatkan mata, maka biarkan bagian wajah selain mata tetap natural. Misalnya, dengan menggunakan blush on warna natural sedikit saja. Dan, menggunakan lipstik berwarna nude, seperti NYX Soft Matte Lip Cream dalam shade Stockholm seharga Rp125.000.
source: http://makeupsweg.blogspot.co.id/2015_05_01_archive.html

Langkah Terakhir Riasan Mata

Untuk menyelesaikan tampilan mata yang lebih menonjol, gunakan maskara. Sebelumnya, pastikan bulu mata sudah dijepit dengan eyelash curler. Barulah kamu menggunakan maskara pilihan. Disarankan untuk menunggu beberapa saat barulah mengoleskan lapisan kedua maskara. Untuk tampilan alami, kamu bisa menggunakan maskara hitam atau cokelat. Untuk tampilan yang lebih berani dan dramatis cobalah sekali-sekali menggunakan maskara berwarna biru. Benefit Cosmetics menyediakan maskara dengan tiga warna yang bisa kamu jadikan eksperimen dalam penampilan riasan mata. They're Real! Lengthening Mascara memiliki 3 varian warna, yaitu hitam, biru, dan cokelat. Maskara ini diberi harga Rp370.000. Kamu bisa mendapatkannya di gerai Benefit.