Muay Thai

Seni bela diri yang berasal dari Thailand ini beberapa tahun terakhir memiliki banyak sekali peminatnya di Indonesia, khususnya Jakarta. Seni bela diri ini kini mulai menjadi olahraga yang dipilih untuk program diet dan menjaga kebugaran tubuh baik bagi pria maupun wanita.
source: http://www.mr-photographer.com/
Pada awal mulanya, Muay Thai yang sudah ada sejak 1000 tahun silam di Kerjaan Thai ini identik dengan kekerasan. Tetapi saat ini teknik-teknik dari seni bela diri ini sudah disesuaikan dengan tingkat keamanan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan.
Belakangan ini, Muay Thai mengusung teknik body shaping semakin menarik bagi orang-orang yang sedang ingin menjalankan program diet.

Teknik Muay Thai

Pada dasarnya, Muay Thai memiliki teknik-teknik bela diri yang terdiri dari pukulan, tendangan, siku dan serangan lutut. Untuk pembentukan tubuh, banyak dilakukan gerakan putaran tubuh seperti sikutan dan tendangan yang dapat mengencangkan dan membakar lemak pada tubuh. Tidak heran sekarang ini banyak wanita yang mau mengikuti latihan Thai Boxing ini karena manfaatnya yang besar untuk menurunkan berat badan.
Lakukan latihan ini di tempat pelatihan Muay Thai yang sudah mulai menjamur di Jakarta. Dengan berlatih dengan trainer, kamu akan mulai dari latihan dasar yang kemudian akan disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu.
source: https://id.pinterest.com/pin/449163762815889562/

Latihan Dasar Muay Thai

Terdapat beberapa latihan dasar sebelum memulai latihan Muay Thai. lakukan pemanasan yang cukup agar tidak cidera. Pertama-tama, mulai latihan dengan jogging atau skipping selama 10-15menit. Jogging dilakukan untuk membentuk stamina dan membuat tulang lebih kuat, sedangkan skipping melatih keseimbangan. Setelah itu lakukan Shadow Boxing (gerakan memukul menendang, dan sebagainya) di depan kaca untuk melihat apakah teknik gerakan sudah benar atau belum. Dan yang terakhir, circuit training yang diberikan oleh trainer sebelum memulai one on one with trainer.
source: https://www.olx.ph/item/big-man-clear-thai-style-muay-thai-skipping-rope-jump-rope-ID7ejgH.html
source: http://8limbs.us/blog/the-fight-feels-like-muay-thai
source: http://onaspelniona.pl/podnies-poziom-energii/

Hal yang Harus Diperhatikan

1. Jangan memulai latihan dengan perut kosong, makan kira-kira 45 - 60 menit sebelumnya.
2. Lakukan pemanasan sebelum memulai latihan gerakan Muay Thai.
3. Pilih equipment (hand wrap dan glove) yang tepat dan cocok agar meminimalisir cidera.

source: http://www.dreamstime.com/stock-photos-special-asian-woman-practising-muay-thai-boxing-image10277403

Manfaat Muay Thai

1. Meningkatkan stamina
Sama seperti olahraga pada umumnya, Muay Thai yang dilakukan secara rutin lama-kelamaan akan membuat stamina tubuh kita bertambah kuat.

2. Menjaga berat badan
Selain menjaga asupan makanan bagi yang sedang diet, olahraga ini sangat membantu menurunkan berat badan karena membakar banyak kalori. Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, disarankan melakukan latihan ini 2 kali dalam seminggu.

3. Meningkatkan kekuatan otot
Gerakan-gerakan yang dilakukan menggunakan tangan dan kaki akan membuat otot tubuh lebih kuat.

4. Membuat kulit lebih bercahaya
Gerakan-gerakan pada latihan ini sangat menguras banyak keringat, sehingga racun dalam tubuh keluar bersama keringat dan metabolisme tubuh akan menjadi lancar.