1. Buka Tirai Jendelamu


Tidurlah dengan tirai jendela terbuka agar ketika matahari terbit kamu dapat terbangun secara alami. Bangun dengan paparan sinar matahari di pagi hari juga lebih sehat lo.

2. Letakkan Alarm di Tempat yang Jauh


Jangan letakkan alarm di tempat yang mudah terjangkau. Sebaliknya letakkan di meja atau pojok kamar yang mengharuskanmu untuk bangun dan berjalan agar bisa mematikan alarm. Setelah bangun, ngantukmu hilang 'kan?

3. Siapkan Sarapanmu


Bangun pagi, olahraga, membuat sarapan adalah hal-hal yang membuat pagimu lebih sibuk. Daripada kesiangan, buat menu sarapanmu di malam sebelumnya dan letakkan di kulkas. Kamu enggak perlu mengeluh lagi saat sibuk di esok paginya.

4. Janjian dengan Teman


Kalau lari pagi sendiri dijamin kamu akan tidur lagi setelah mematikan alarm. Tapi kalau kamu janji untuk lari pagi dengan temanmu, pasti kamu akan merasa sungkan untuk malas-malasan dan tetap berangkat.

5. Siapkan Baju Tempurmu


Letakkan celana training dan kaos favoritmu di tempat yang mudah terlihat saat bangun pagi dan tanamkan semangat untuk olahraga di dalam dirimu sebelum tidur. Saat kamu melihat baju yang kamu siapkan malam sebelumnya, dijamin kamu akan semangat kembali.

6. Siapkan Playlist Khusus


Musik dapat membuatmu lebih bersemangat dalam beraktivitas, termasuk olahraga di pagi hari. Siapkan playlist khusus berdurasi minimal 30 menit untuk menemanimu lari keliling kompleks di pagi hari.

7. Pamer ke Sosial Media


Kalau update status saat lari pagi dapat menyemangatimu, lakukanlah! Foto dirimu setiap kali kamu berhasil bangun pagi untuk menyemangati dirimu sendiri di kesempatan berikutnya. Lebih bagus jika kamu menerima dukungan dari teman-temanmu agar makin semangat.

8. Ikut Kelas Khusus


Olahraga sendiri memang terasa sepi, jadi carilah kelas khusus dengan banyak orang agar kamu dapat bersosialisasi untuk mengusir rasa sepimu. Kalau biayanya mahal, kamu pun akan merasa sayang untuk melewatkan sesi olahraga yang sudah dibayar mahal 'kan?

9. Jangan Makan Makanan Berlemak


Sesaat setelah bangun, makanlah sarapan sehat dan jangan makan makanan berlemak karena dapat menyebabkan perutmu terasa kembung dan malas berolahraga. Hindari pula makanan dengan kalori dan gula yang tinggi.

10. Minum Kopi


Salah satu cara terbaik untuk membuat dirimu berenergi dan mengusir rasa kantuk dengan cepat di pagi hari adalah dengan meminum kopi. Minumlah kopi 20-30 menit sebelum mulai berolahraga untuk menambah ketahanan tubuh.
Kalau kamu patuh mengikuti 10 langkah di atas, dijamin kamu enggak akan sulit untuk bangun dan olahraga pagi lagi!