1. Bahan Suede (Suede Material)

Suede merupakan salah satu bahan sepatu yang paling populer sekaligus paling banyak dihindari oleh para pria maupun wanita. Merawat sepatu suede memang cukup tricky, jika salah merawatnya sepatu bisa menjadi cepat rusak. Jika kamu memiliki sepatu suede, belilah sikat sepatu khusus bahan suede untuk menghilangkan noda di permukaan sepatu. Jika terdapat noda membandel, gunakan stain-remover khusus untuk bahan suede.
source: https://www.cleanipedia.com/id/bahan-material-permukaan/cara-membersihkan-sepatu-suede-aksesoris-berbahan-suede
Jika menemukan bercak kotor pada barang berbahan suede kamu, jangan memakai air untuk membersihkan hanya bagian yang memiliki bercak tersebut melainkan bersihkan seluruh permukaan benda menggunakan sikat suede dan sedikit air guna mencegah perubahan warna.
source: https://www.cleanipedia.com/id/bahan-material-permukaan/cara-membersihkan-sepatu-suede-aksesoris-berbahan-suede
Untuk menghilangkan bercak noda yang mengandung garam, misalnya dari makanan atau minuman, manfaatkan sedikit cuka. Bau cuka mungkin akan bertahan selama jangka waktu tertentu, tetapi lama-kelamaan akan hilang. Suede sekilas mirip dengan beludru, namun ternyata keduanya merupakan bahan yang berbeda, sehingga cara perawatannya pun berbeda. Lakukan hal yang sama untuk barang-barang lain yang berbahan suede, seperti misalnya tas dan aksesoris.

2. Nubuck Leather (Kulit Nubuck)

Nubuck leather berasal dari kata 'new' dan 'buck' sekilas terlihat mirip dengan suede, namun keduanya memiliki tekstur yang berbeda. Nubuck leather memiliki tekstur yang lebih halus dari suede. Permukaan Nubuck yang lembut membuat penampilan warnanya lebih solid yang secara signifikan membuatnya berbeda dengan sepatu yang mengkilat karena menggunakan bahan kulit jenis Full Grain atau Brush-Off. Harganyapun lebih mahal dibandingkan Suede meskipun penampilannya nyaris sama. Sepatu berbahan nubuck dianggap lebih kuat dan awet dari suede karena bahan dasar kulit yang digunakan lebih keras ketimbang suede.
source: http://www.tips-sepatu-wanita.com/2015/02/perawatan-sepatu-nubuck.html
Perawatan terbaik untuk semua jenis dan model sepatu, baik flat maupun high heels yang menggunakan bahan Nubuck leather adalah melakukan pencegahan dari kemungkinan terkena kotoran atau noda dengan cara memakai sepatu Nubuck hanya pada kesempatan tertentu dimana lokasi penampilan Anda benar-benar bersih dan terutama tidak pada musim penghujan.
source: http://www.tips-sepatu-wanita.com/2015/02/perawatan-sepatu-nubuck.html
Cara merawat sepatu dengan material nubuck leather sama dengan sepatu berbahan suede. Sikat dan penyemprotnya pun sama dengan suede, sehingga jika kamu tidak perlu membeli dua sikat atau penyemprot berbeda jika memiliki sepatu atau aksesoris lain yang memiliki bahan dasar nubuck leather dan suede. Pastikan kamu benar-benar membaca material dasar sepatu yang dibeli dengan melihat keterangan yang umum tertera pada kotak sepatu.

3. Kulit Asli (Genuine Leather)

Sepatu berbahan kulit merupakan jenis sepatu paling awet dibandingkan dengan bahan sepatu lainnya. Bahan kulit untuk sepatu dibedakan menjadi dua, yaitu kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (faux leather). Kulit asli atau genuine leather umumnya berasal dari kulit hewan seperti sapi, kambing, domba dan babi. Sekilas memang tidak terlalu terlihat perbedaan antara kulit asli dengan kulit sintetis. Namun, kulit asli memiliki tekstur yang terasa lebih kasar ketika dipegang, berbeda dengan kulit sintetis yang lebih halus dan rata teksturnya.
source: http://dbagus.com/cara-membersihkan-sepatu-sesuai-bahan
Untuk jenis sepatu kulit alangkah baiknya untuk menyimpan di tempat yang kering. Ini dikarenakan jika di tempat yang lembab sepatu jenis kulit akan timbul bercak-bercak pada sepatu.
source: http://dbagus.com/cara-membersihkan-sepatu-sesuai-bahan
Jika sepatu kulit terkena kotoran, bersihkan dengan kain lembut yang telah diberi sedikit air. Gosok pada permukaan sepatu yang berserat. Jika terdapat noda membandel, gunakan shampo lembut yang diciptakan khusus untuk membersihkan bahan kulit. Setelah sepatu kering, gunakan semir berbahan silikon yang warnanya sama dengan sepatu. Semir sepatu khusus kulit tersedia di berbagai toko sepatu. Gunakan krim tersebut dengan selembar kain yang lembut. Biarkan selama beberapa menit, lalu sikat sampai mengilap dengan kain atau sikat yang lembut. Tambahkan beberapa tetes air pada kain lap agar mengkilap. Kamu juga bisa menambahkan semprotan anti air dan anti noda agar sepatu Anda lebih terproteksi.

4. Kulit Sintetis (Faux Leather)

Sepatu dan barang lain yang berbahan dasar kulit sintetis juga memerlukan perawatan khusus agar tetap awet. Bersihkan bahan kulit sintetis dengan sabun khusus kulit. Beri sedikit air pada kain lap, oleskan sabun ke atasnya dan gosok hingga berbusa. Gunakan busa pada permukaan sepatu, sambil gosok perlahan. Bilas busa hingga bersih. Usahakan jangan ada air yang masuk ke bagian dalam sepatu.
source: http://marcue.com.au/wp-content/uploads/2012/06/Women%E2%80%99s-Handmade-Leather-Shoes-%E2%80%93-Light-Tan-Brogues-03.jpg
Kulit sintetis adalah jenis kulit imitasi yang terbuat dari bahan dasar kain, yang diolah secara kimia dengan lilin, pewarna, atau polyurethane untuk menghasilkan bahan dengan tekstur dan warna seperti kulit.
source: http://marcue.com.au/wp-content/uploads/2012/06/Women%E2%80%99s-Handmade-Leather-Shoes-%E2%80%93-Light-Tan-Brogues-03.jpg

5. Bahan Kanvas (Canvas Material)

Sepatu berbahan kanvas merupakan salah satu fashion item yang wajib dimiliki oleh pria dan wanita. Selain nyaman, sepatu kanvas memiliki bahan yang ringan dan juga sangat kasual sehingga cocok dipakai untuk bersantai. Cara merawat sepatu berbahan kanvas memang terbilang gampang-gampang susah karena pada dasarnya sepatu berbahan kanvas ini merupakan bahan yang berdaya serap air tinggi, rentan memudar, sobek dan mudah terkena noda membandel.
source: http://dbagus.com/cara-membersihkan-sepatu-sesuai-bahan
Jenis sepatu dengan bahan kanvas dan denim merupakan bahan yang mudah untuk dibersihkan. Pada umumnya kedua bahan yang digunakan dalam pembuatan sepatu ini tidak mudah kotor.
source: http://dbagus.com/cara-membersihkan-sepatu-sesuai-bahan
Jika kamu ingin membersihkan sepatu kanvas, siapkan terlebih dahulu peralatan seperti sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Larutkan deterjen ke dalam air hangat dan sikat sepatu kanvas sampai bersih. Bilas dan jemur pada tempat yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Setalah kering seluruhnya, letakkan sepatu di rak atau kardus dengan sirkulasi udara yang baik supaya terhindar dari kelembapan dan tidak ditumbuhi jamur.

6. Bahan Denim atau Jeans

Bahan denim sebenarnya hampir serupa dengan bahan kanvas. Bahan ini pun lebih sering dipergunakan untuk membuat sneakers. Cara perawatannya pun sama dengan merawat sepatu kanvas. Kamu hanya memerlukan sikat berbulu halus atau sikat gigi, ember, deterjen dan air hangat. Jika bagian dalam sepatu berbau tidak sedap, tambahkan sedikit baking soda ke dalam larutan deterjen untuk menghilangkan aroma tersebut.
source: http://www.kompasiana.com/sepatubandung/jenis-jenis-bahan-sepatu-perawatannya_54f8ae99a333116a188b46ca
Warna dari sepatu berbahan denim ini umumnya warna biru, warna abu-abu dan hitam. Bahan denim juga tergolong bahan pembuat sepatu yang kuat dan tahan dalam waktu yang lama.
source: http://www.kompasiana.com/sepatubandung/jenis-jenis-bahan-sepatu-perawatannya_54f8ae99a333116a188b46ca
Supaya sepatu-sepatu cantik kita tetap awet, jangan lupa untuk selalu memperhatikan perawatannya ya. Jika kita bisa membeli, maka harus bisa juga merawatnya. Take a good care of your shoes, Beautynesian!