source: http://www.oilyhairguru.com/oily-hair-guru-guide-for-you-to-get-rid-of-oily-hair/

1. Rutin Keramas

Keramaslah dua hari sekali dan bilas hingga benar-benar bersih dan tidak ada sisa bahan kimia yang tertinggal di rambut atau kulit kepala. Untuk kamu yang memiliki masalah rambut ini, kamu bisa memilih sampo bayi atau sampo herbal untuk keramas.

2. Gunakan Dry Shampoo

Jika rambut terasa lepek dan berminyak namun kamu tidak sempat keramas, kamu bisa menggunakan dry shampoo sebagai pertolongan pertama. Dry shampoo dapat menyerap minyak berlebih yang ada pada rambut dan membersihkan rambut serta dapat juga memberi efek volume pada rambut. Kamu bisa menggunakan Aveeno Active Naturals Renewal Dry Shampoo. Produk ini dijual sekitar $18.93. Dry shampoo ini sulfate free dan aman digunakan oleh semua tipe rambut.
source: http://www.amazon.com/Aveeno-Active-Naturals-Renewal-Shampoo/dp/B0081E6XAI
Namun, dry shampoo tidak sepenuhnya dapat menggantikan fungsi sampo yang sebenarnya. Maksimal penggunaan dry shampoo yaitu 3 hari berturut-turut atau 3 kali dalam seminggu. Setelahnya, kamu harus tetap keramas dengan sampo biasa untuk membersihkan sisa bahan kimia yang menempel pada rambut dan kulit kepala. Tetapi, dry shampoo sangatlah membantu dikala kita mengalami bad hair day, atau di saat sedang sibuk namun harus tetap tampil cantik dan menawan.

3. Pijat Kulit Kepala Menggunakan Minyak Hangat

Minyak hangat juga dapat kamu manfaatkan untuk mengurangi minyak berlebih pada rambutmu. Gunakanlah minyak hangat dari minyak zaitun atau minyak kelapa yang sudah dihangatkan. Pijat kulit kepala dengan lembut menggunakan minyak hangat tersebut. Pastikan minyak yang kamu gunakan dalam keadaan hangat bukan panas, ya. Setelah itu, bersihkan hingga bersih dan jangan sampai ada minyak yang tersisa.

4. Jangan Berlebihan Menggunakan Vitamin atau Serum Rambut

Suka menggunakan vitamin atau serum rambut? Meski sangat baik untuk rambut, menggunakan vitamin rambut atau serum secara berlebihan dapat membuat rambut semakin lepek dan berminyak. Gunakan vitamin atau serum rambut secukupnya dan seperlunya saja. Dan jangan gunakan pada akar rambut ya, gunakan pada bagian batang rambut dan ujung rambut saja.

5. Air Perasan Lemon

Air perasan lemon juga dapat kamu gunakan untuk mengatasi rambut yang berminyak. Oleskan air perasan jeruk lemon pada kulit kepala sampai merata. Lalu biarkan selama 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air dingin dan cuci rambut dengan keramas seperti biasa.

6. Perlakukan Rambut Dengan Lembut

Usahakanlah untuk tidak menggaruk rambut secara kasar atau menggosok keras-keras dengan handuk saat mengeringkan rambut. Hal ini tidak hanya dapat merusak rambut, tetapi juga dapat merangsang kelenjar minyak untuk lebih banyak memperoduksi minyak. Selain itu, menggaruk kulit kepala secara kasar dengan kuku yang panjang juga dapat menyebabkan kulit kepala menjadi lecet hingga berdarah.

7. Gunakan Kondisoner Pada Batang dan Ujung Rambut

Jika kamu rutin menggunakan kondisoner, untuk pemilik rambut berminyak dan lepek sebaiknya gunakan kondisioner pada bagian batang dan ujung rambut saja. Hindari bagian akar rambut karena penggunaan kondisioner pada kulit kepala yang memiliki minyak berlebih justru dapat membuatnya semakin parah.