1. Bersihkan Tubuh Saat Mandi

Saat mandi gosok bagian punggung, lipatan kaki, lengan dan ketiak sampai bersih. Gunakan juga sabun khusus yang bisa mengatasi masalah jerawat. Pilih sabun mengandung glycolic acid dan hindari sabun yang memiliki kadar parfum tinggi. Kamu bisa memakai Acne Body Wash produk dari Murad. Sabun ini bisa mengatasi masalah jerawat yang tumbuh di beberapa bagian tubuh terutama punggung. Mengandung glycolid dan salicylic acid serta diperkaya dengan ekstrak green tea. Saat membilas sebaiknya gunakan air dingin setelahnya untuk menutup pori-pori tubuh.

2. Pilih Pakaian yang Nyaman

Pilih pakaian yang nyaman saat dipakai untuk beraktivitas sehari-hari. Selain bisa menyerap keringat, pilih baju yang tidak terlalu ketat dipakai agar kulit bisa bernapas. Baju yang terlalu ketat saat berkeringat justru bisa menimbulkan jamur di tubuh. Untuk kulit berjerawat dianjurkan menggunakan baju berbahan katun, spandeks atau jersey.

3. Benzoyl Peroxide

Setelah mandi kamu bisa menggunakan krim, gel atau spray yang mengandung benzoyl peroxide dan aplikasikan pada daerah yang berjerawat saja. Namun bila jerawat menyebar secara merata kamu bisa memilih jenis spray agar penggunaannya lebih efektif. Benzoyl peroxide, salicylic acid atau alpha hydroxyl bisa menekan pertumbuhan jerawat. Kamu bisa menggunakan Kiehl's Blue Herbal Spot Treatment. Teksturnya berbentuk gel lembut mampu membersihkan dan mengeringkan jerawat. Dapatkan produk ini seharga Rp222 ribu.
source: http://www.kiehls.com/blue-herbal-spot-treatment/543.html?dwvar_543_size=0.5%20fl.%20oz.%20Tube

4. Scrub

Scrub dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati yang menutupi jerawat. Scrub memang sebaiknya tidak dilkukan setiap hari, cukup satu atau dua minggu sekali. Pilih scrub yang memiliki butiran lembut agar tidak membuat kulit iritasi. Kamu bisa menggunakan Green Tea Body Scrub dari The Body Shop. Teksturnya ringan dan tidak melukai kulit saat diapalikasikan pada tubuh. Dapatkan produk ini seharga Rp263 ribu di gerai The Body Shop.
source: http://www.thebodyshop.in/Products/Bath--Body-Body-Scrubs/GREEN-TEA/FUJI-GREEN-TEA%E2%84%A2-BODY-SCRUB/pid-10407322.aspx

5. Menjaga Pola Makan

Pola makan juga bisa mempengaruhi pertumbuhan jerawat. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung antioksidan, vitamin serta omega 3 untuk membantu mencegah jerawat. Seperti buah-buahan, sayuran ikan dan gandum. Selain itu konsumsi air yang cukup untuk mencegah kulit dehidrasi.
source: http://food.detik.com/read/2014/08/28/132704/2675046/900/kulit-kering-dan-keriput-atasi-dengan-banyak-konsumsi-sayuran-dan-ikan

6. Menghindari Stres

Jerawat bisa muncul kapan saja termasuk saat kita stres. Karena stres dapat memicu hormon yang bisa merespon peradangan di kulit. Pastikan kamu mendapat cukup tidur, olahraga teratur dan menjaga pola makan yang baik.