1. Siapkan perlindungan!

Salah satu cara perawatan sepatu berbahan suede adalah dengan menyemprotkan cairan khusus (misalnya, Suede & Fabric Water Repellent) yang biasa dijual di tempat-tempat perawatan sepatu. Lakukan perawatan minimal sebulan sekali dan pastikan untuk bersihkan sepatu menggunakan sikat khusus untuk bahan suede sebelum dan sesudah menyemprotkan cairan tersebut.

2. Atasi noda dengan bedak tabur

Jika kamu tidak sengaja menumpahkan cairan ke sepatumu, usap bagian yang terkena tumpahan dengan kain bersih atau handuk, lalu berikan bedak tabur pada bagian tersebut. Diamkan selama sehari, lalu bersihkan bedak yang telah mengering dengan menggunakan sikat untuk bahan suede keesokan harinya.

3. Usir kotoran dengan cuka

Untuk noda kering seperti kotoran yang menempel dapat diatasi dengan cara yang berbeda. Cara cepat dapat dilakukan dengan cara menggosokkan penghapus pada bagian yang kotor. Untuk noda yang sedikit membandel gunakan sedikit cuka dan bersihkan dengan handuk bersih. Lakukan sampai noda benar-benar hilang.

4. Gunakan sikat gigi agar sepatu suede tampak baru kembali

Dengan menggosok sepatu suede dengan sikat gigi atau kain handuk yang halus akan membantu agar sepatu tetap terlihat oke. Kamu juga bisa uapi sepatumu dengan cara memegang sepatumu di atas baskom yang berisi air panas untuk beberapa saat, kemudian sikat secara perlahan.

5. Jangan cuci dengan air!

Mungkin bagi sebagian orang mencuci sepatu dengan air akan jauh lebih bersih dibandingkan dengan tanpa air. Tetapi jangan gunakan air untuk mencuci bahan suede, karena air dapat merusak warna serta tekstur dari bahan suede itu sendiri.
Semoga tips-tips di atas dapat membantu!