1. Menyisir Rambut

Sebaiknya sebelum kamu keramas, kamu bisa menyisir rambut terlebih dahulu. Ketika selesai keramas dan rambut basah, jangan memaksa untuk menyisirnya, karena saat itu rambut kamu rapuh sehingga akan mudah rontok dan patah-patah. Jika dirasa rambut terlalu kusut, bisa juga disisir ketika kamu mengaplikasikan kondisioner. Akan tetapi tetap harus diingat, menyisirnya pelan-pelan saja dan menggunakan sisir dengan gigi yang jarang-jarang (jaraknya lebar) dan berujung bulat. Setelah rambut kering, kamu boleh menyisirnya pelan-pelan dari ujung rambut. Menyisir juga sebaiknya tidak terlalu sering karena jika terlalu sering akan meningkatkan produksi minyak di rambut.
source: http://www.muslimahcorner.com/2015/10/ini-yang-harus-diperhatikan-saat-menyisir-rambut/

2. Memakai Kondisiner dengan Benar

Kondisioner adalah salah satu produk yang sering digunakan oleh kaum wanita. Mereka masih berprinsip bahwa rambut adalah mahkota wanita. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan agar mendapatkan rambut sehat dan indah dengan memanfaatkan kondisioner untuk menutrisi sekaligus melembutkan rambut. Hal yang harus diperhatikan adalah menggunakan kondisioner ini hanya pada ujung rambut saja. Jika kamu memakai kondisioner sampai ke kulit kepala, hal ini membuat rambut kamu berminyak dan mudah lepek.
source: http://www.idntimes.com/vita/22-langkah-sederhana-mengakali-rambut-yang-sering-berantakan

3. Memilih & Menggunakan Sampo

Pilihlah sampo sesuai dengan kebutuhan rambut. Misalnya, jika rambut kamu kering dan rusak maka kamu perlu sampo yang mengandung vitamin E dan pelembab alami. Keramaslah 2-3 hari sekali. Ketika keramas, beri pijatan pada kulit kepala untuk memperlancar peredaran darah. Ketika membilas, pastikan benar-benar bersih sehingga tidak ada sisa sampo yang tertinggal. Satu hal lagi adalah takaran sampo. Ambil sampo secukupnya jangan terlalu banyak. Lalu ukuran yang tepat seberapa? Kamu bisa ambil tidak melebihi seukuran biji polong atau uang logam.
source: http://antiketombe.clear.co.id/women/rambut-rontok-saat-keramas-nggak-lagi-lagi-deh-f37b4fb.html

4. Menggunakan Hair Spray

Untuk menata rambut agar rapi dan tidak berantakan, biasanya diaplikasikan hairspray. Menggunakan hairspray memang tidak sepenuhnya dilarang asalkan memilih dan menggunakan hairspray secara tepat. Namun, hal yang perlu diingat adalah cara memakainya. Kamu bisa memakai hairspray setelah melakukan proses catok atau keriting, jangan sebaliknya. Mengapa demikian? Hal ini karena hairspray mengandung alkohol. Jika kamu menerapkan hairspray pada rambut terlebih dahulu baru kemudian memakai catok atau pengeriting rambut yang panas, maka akan membakar rambut kamu.
source: http://www.vemale.com/fashion/tips-and-tricks/47912-5-fungsi-alternatif-hairspray-selain-untuk-merapikan-rambut.html

5. Menggunakan Hair Dryer

Jika kamu terpaksa harus menggunakan hair dryer, lakukan dengan mengarahkan secara horisontal (naik turun) pada rambut dan jangan terlalu dekat. Selain itu jangan mengarahkan terlalu lama pada satu titik. Pilih panas yang minimal, dan jika tidak harus memakai hair dryer biarkan rambut kering secara alami. Tentunya hal ini lebih baik dan menyehatkan rambut kamu.
source: https://www.tanyadok.com/artikel-kesehatan/ingin-rambut-sehat-tanpa-banyak-biaya-temukan-kiatnya

6. Menggunakan Catok Rambut

Produk perawatan rambut lainnya yang sering digunakan kaum hawa adalah catok rambut. Meskipun bukan hal yang wajib, namun ketika kamu memakainya harus memperhatikan beberapa hal seperti jangan mencatok rambut ketika masih basah, dan jangan memilih temperatur suhu yang terlalu panas. Selain membuat rambut kering, hal ini menyebabkan rambut bercabang.
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/41405-tips-catok-rambut-yang-benar.html

7. Serum atau Vitamin Rambut

Serum atau vitamin rambut biasanya ditambahkan dalam produk perawatan rambut agar hasil yang didapatkan maksimal. Akan tetapi perlu juga diperhatikan cara pemakaiannya. Pakailah serum rambut ketika rambut setengah basah dan bersih. Mengaplikasikannnya hanya pada batang rambut, tapi jangan terlalu dekat pada kulit kepala. Gunakan 2-3 kali dalam seminggu, karena efek sekali pakai serum bisa bertahan untuk 3-4 hari.
source: http://manfaatnyasehat.com/mengenal-manfaat-serum-rambut/

8. Masker Rambut

Pilih masker rambut sesuai dengan kebutuhan dan jenis rambut kamu. Pastikan juga rambut sudah bersih dan mengaplikasikannya ketika rambut setengah kering atau masih lembab. Untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi, maka bungkus rambut dengan handuk hangat kurang lebih 3-5 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga benar-benar bersih. Lakukan hal ini sebulan sekali.
source: http://www.cantikalamiah.com/masker-rambut-alami-untuk-rambut/
Rekomendasi produk:
Kamu bisa menggunakan serum rambut keluaran dari Dove yaitu Hair Fall Therapy Serum yang melembabkan sekaligus menguatkan akar rambut. Gunakan serum ini sebelum menyisir rambut untuk mendapatkan rambut indah dan halus secara instan. Hanya dengan Rp35.000 kamu bisa membeli produk ini di supermarket atau di gerai-gerai Dove.
source: http://www.haircareherbal.com/hair-serum/dove%20Hair-fall-therapy-combing-serum