Apa Itu Strobing?

Strobing ini adalah teknik makeup yang menggunakan highlighter secara maksimal. Jadi, jika selama ini kamu sudah mengenal dan memakai teknik countouring untuk mengkoreksi wajah atau menyembunyikan bagian-bagian yang tidak diinginkan, dalam strobing justru kebalikannya. Ketika menggunakan teknik strobing kamu akan memaksimalkan highlighter di bagian-bagian wajah yang akan kamu tonjolkan. Bagian-bagian wajah ini yang biasanya banyak terkena oleh cahaya sehingga efek yang ditumbulkan lebih glowy pada wajah kamu.
source: http://www.scoopnest.com/user/someecards/610829202414112768

Strobing vs Countouring

Ketika kamu melakukan teknik countouring kamu biasanya harus menggunakan shading berwarna gelap 2 atau 3 tone lebih gelap dari tone kulit kamu untuk menyembunyikan bagian-bagian yang tidak diinginkan. Selain itu, kamu juga memerlukan highlight untuk menonjolkan bagian wajah yang diinginkan. Sementara, dengan teknik strobing, kamu cukup berbekal highlighter saja karena kamu cukup memberi kesan lebih glowy pada riasan kamu dengan memaksimalkan penggunaan highlighter di daerah-daerah tertentu yang biasanya terkena cahaya seperti pelipis, tulang pipi, dahi, tulang alis, dagu, dan hidung.
source: http://www.facetofeet.com/makeup/1118/teknik-rias-terbaru-strobing

Bagaimana Agar Mendapatkan Strobing yang Bagus?

Meskipun strobing tampak lebih mudah dari counturing, namun jangan meremehkannya. Justru karena semakin mudah, maka kamu perlu hal dasar yang natinya bisa memaksimalkan hasil akhir dari strobing. Hal pertama yang harus diingat adalah tingkat kelembaban kulit kamu. Semakin lembab kulit kamu, maka semakin bagus hasilnya. Oleh karena itu, rawatlah dengan baik kulit wajah kamu dan rajinlah menggunakan pelembab. Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah pemilihan highlighter. Sebaiknya kamu harus memilih highlighter yang tepat sehingga hasil strobing kamu lebih natural. Kamu bisa memilih highlight dalam bentuk powder, cream, atau liquid. Sedangkan untuk warna kamu juga harus memilih sesuai tone kulit kamu. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah pemilihan aplikator. Pilih brush yang pas dan sesuai, yaitu jangan terlalu besar atau terlalu kecil.
source: http://www.glowlicious.me/2015/08/strobing-makeup-technique-is-latest.html

Langkah-Langkah Strobing

Setelah kamu tahu apa itu strobing dan hal-hal yang perlu diperhatikan, sekarang adalah saatnya melakukan strobing. Pertama, kamu lakukan makeup seperti biasa yaitu menggunakan pelembab, foundation, concealer, dan bedak. Kemudian lanjutkan dengan makeup mata dan alis. Setelah itu baru lakukan strobing pada bagian-bagian:
source: http://www.everonia.com/2015/06/strobing-makeup-tutorial.html
1. Tulang pipi di bawah mata
2. Dahi atau forehad
3. Di atas alis, tepatnya pada bagian ujung
4. Hidung bawah bagian ujung
5. Bibir atas
6. Dagu di bagian tengah
7. Tulang alis
8. Ujung mata pada bagian dalam
9. Di bawah tulang pipi
10. Terakhir aplikasikan blush on
source: http://www.everonia.com/2015/06/strobing-makeup-tutorial.html
youtube:X0cFGM9bsMA
source: https://youtu.be/X0cFGM9bsMA
How to Do The Strobing Technique with Endi Feng (ft. The Lipstick Mafiaaa)
Rekomendasi produk: Untuk strobing kamu bisa memilih highliter dari MAC yaitu MAC Strobe Cream. Produk dalam kemasan 30 ml ini bisa kamu beli di tokopedia.com dengan harga Rp220.000.
source: https://www.tokopedia.com/sweetpea-store/mac-strobe-cream-travel-size-30-ml