1. Gunakan Pakaian Warna Terang

Terkadang bisa kamu lihat seseorang yang memakai baju berwarna hitam banyak didekati nyamuk daripada yang memakai baju berwarna putih/terang. Nyamuk memang lebih menyukai warna gelap. Oleh karena itu hindari memakai baju dengan warna gelap agar terhindar dari gigitang serangga satu ini.
source: http://health.detik.com/read/2013/03/13/190223/2193219/763/studi-tidur-dengan-ac-menyala-bisa-bikin-darah-tinggi

2. Hindari Parfum Beraroma Bunga

Aroma bunga selalu menarik perhatian serangga tidak terkecuali nyamuk. Oleh karena itu hindari memakai parfum atau skincare lainnya yag beraroma bunga untuk menghindari gigitan nyamuk.
source: http://www.catatankecilku.net/2016/01/bahaya-musim-dbd-cegah-nyamuk-dengan.html

3. Oleskan Minyak Eucalyptus/Citronella

Eucalyptus dan citronella adalah minyak yang beraroma sangat kuat dan nyamuk tidak menyukainya. Jika kamu mengoleskan minyak ini pada kulit, maka nyamuk akan pergi menjauh dan tidak menggigit kamu.
source: http://www.lazada.co.id/nusaroma-citronella-essential-oil-minyak-sereh-wangi-5453005.html

4. Menanam Berbagai Tanaman yang Tidak Disukai Nyamuk

Ada beberapa tanaman yang tidak disukai nyamuk. Tanaman itu antara lain kumis kucing, rosemary, serai, lavender, kayu manis, dan peppermint. Kamu bisa menanam beberapa tanaman tadi di taman depan rumah atau di kebun belakang rumah.
source: http://www.earthskinfoods.com/moisturiser-mandarin-lavender

5. Bawang Putih

Bawang putih mempunyai aroma kuat yang tidak disukai oleh nyamuk. Jika kamu ingin memanfaatkan bawang putih ini bisa dengan cara mengiris 1 siung bawang putih lalu menggosokkan pada kulit. Selain itu ada cara lain yaitu memanfaatkannya sebaga spray alami. Caranya, hancurkan bawang putih lalu tambahkan air. Perbandingannya 1:5, setelah itu masukkan dalam botol spray dan bisa kamu semprotkan ketika diperlukan.
source: http://www.alodokter.com/Alternatif-Alami-sebagai-Cara-Mengusir-Nyamuk

6. Peterseli & Cuka Sari Apel

Bahan alami yang lain untuk menghindari gigitan nyamuk adalah campuran dari peterseli dan cuka sari apel. Untuk peterseli, bisa kamu haluskan lalu tambahkan beberapa tetes cuka sari apel. Setelah itu kamu bisa menggosokkan pada kulit menggunakan kain.
source: http://salmaknowledge.blogspot.co.id/2014/02/manfaat-daun-peterseli.html

7. Rosemary

Untuk menghalau nyamuk yang akan menggigit, kamu bisa membakar rosemary. Jika kamu kesulitan mendapatkan rosemary kamu bisa menggantinya dengan aroma terapi berbentuk dupa yang beraroma rosemary.
source: http://www.healthyharlem.org/