Asal Usul Tabata

Tabata ditemukan oleh seorang peneliti dari National Institute of Fitness and Sport Tokyo, Jepang bernama Dr. Izumi Tabata. Metode olahraga yang termasuk ke dalam kategori high intensity interval training (HIIT) ini dipercaya sebagai metode yang paling efektif dibadingkan jenis lainnya. Sebuah penelitan di Jepang menunjukkan bahwa pelatihan interval intensitas selama 4 menit sama efektifnya dengan latihan yang lebih ringan selama 1 jam.

Metode Latihan Tabata

Olahraga dengan metode Tabata yang tepat biasanya mencakup pemanasan selama 10 menit dengan melakukan gerakan seperti lunges atau high knee. Setelah pemanasan, masuk ke dalam tahapan Tabata yang secara umum dibagi dalam delapan interval selama 4 menit. Setiap interval terdiri dari 20 detik latihan intensitas tinggi dan 10 detik istirahat.
Latihan yang dianjurkan oleh Tabata adalah melakukan gerakan yang sama di setiap interval selama 8 kali dengan hanya memfokuskan pada satu kelompok otot. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kamu harus benar-benar all out pada saat 20 detik latihan untuk mendapatkan hasil yang efektif. Gerakan yang dilakukan pun tidak dibatasi, kamu bisa memilih gerakan yang paling kamu sukai dan kuasai seperti lari, push-up, sit-up, squat, crunches, dll.

Manfaat Tabata

Jika kamu menerapkan latihan metode Tabata dengan benar, latihan selama 4 menit ini akan memaksa tubuhmu untuk mencapai batas maksimal aerobik dan anaerobik. Hal ini dapat meningkatkan kapasitas aerobik serta anaerobik, volume maksimal oksigen yang diproses oleh tubuh, serta resting metabolic rate (RMT) sehingga kamu dapat terus membakar kalori setelah latihan berakhir.
Yang terpenting adalah Tabata bisa membantu membakar lemak lebih banyak dan membuatmu terlihat lebih ramping daripada latihan aerobik biasa selama 60 menit. Pastikan tubuhmu dalam keadaan prima karena tidak semua orang terbiasa dengan peningkatan denyut jantung saat berolahraga dan jangan sampai berlebihan. Jadi, untuk para pemula lebih baik lakukan secara perlahan dan bertahap.
Masih bingung bagaimana menerapkan latihan metode Tabata? Jangan khawatir, di YouTube banyak sekali video tutorial tentang Tabata yang bisa kamu coba. Let's burn some fat!