1. Rajin Mencuci Muka


Rajinlah mencuci muka untuk membersihkan muka dari debu yang menempel, terutama bagi Minasan yang beraktifitas di luar ruangan. Polusi, udara kotor, serta debu yang beterbangan dapat menempel di kulit wajah dan membuat kulit wajah kusam. Namun meskipun membersihkan muka baik untuk kulit wajah, jangan lakukan hal ini terlalu sering karena dapat merusak kelembaban alami kulit. Lakukan maksimal 2 kali sehari untuk tetap menjaga kelembaban kulit wajah.

2. Rajin Membersihkan make-up sebelum Tidur


Sebelum tidur, bersihkanlah dulu muka Minasan dari sisa-sia make-up yang menempel. Jika tidak, maka sisa-sia make-up akan tertiinggal pada kulit wajah dan menutup pori-pori. Pori-pori yang tersumbat serta adanya bakteri dapat menjadi pemicu munculnya jerawat.

3. Jangan Memegang Wajah terlalu Sering


Terkadang kita reflek menyentuh wajah atau menggaruknya jika terasa gatal. Ini adalah kebiasaan yang buruk. Kuman-kuman yang terdapat pada telapak tangan akan berpindah pada wajah. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat.

4. Jangan Bergati-ganti Merek Kosmetik


Banyak wanita yang terpancing oleh iklan kosmetik yang diklaim dapat mencerahkan kulit dan sebagainya. Jangan mudah terbujuk oleh iklan. Jenis dan kondisi kulit setiap orang berbeda, jika ingin mencerahkan wajah lebih baik konsultasikan secara langsung ke dokter kecantikan. Selain itu, bahan kimia yang terkandung pada kosmetik juga dapat menimbulkan reaksi pada kulit jika tidak cocok misalkan alergi. Bahaya, bukan? So, hindari kebiasaaan berganti-ganti merek kosmetik ya!

5. Melakukan Facial


Lakukan facial secara berkala. Meskipun cukup menguras kantong dibanding cara-cara yang disebut sebelumnya, namun facial ini adalah cara yang ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Meskipun banyak iklan kosmetik yang menawarkan berbagai macam produk yang mampu mengangkat sel kulit mati, percayalah bahwa hal tersebut tidak lebih baik daripada melakukan facial secara langsung.