Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli foundation, yuk, ikuti beberapa tips untuk memilih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit wajahmu seperti di bawah ini!

1. Jangan terburu-buru

source: http://beauty.grivy.com/h/i/140453002-4-tips-hemat-belanja-makeup
Butuh waktu untuk memilih warna foundation yang cocok dengan kulit wajah. Oleh karena itu, luangkan waktu khusus untuk mencari dan memilih-milih warna foundation yang sesuai dengan warna kulit wajahmu. Harga foundation terbilang cukup mahal, jadi alangkah baiknya memastikan terlebih dahulu bahwa kamu tidak salah memilih warna. Sehingga nantinya kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk mengganti foundation dengan yang baru.

2. Ketahuilah warna undertone kulitmu sendiri

Mengetahui warna undertone akan mempermudah untuk menentukan warna foundation yang cocok dengan kulit wajah. Warna undertone adalah warna asli pada kulit. Pada umumnya, terdapat tiga warna undertone yaitu cool/rose undertone (pink), warm undertone (kuning), dan neutral undertone (netral). Biasanya, orang yang memiliki undertone pink adalah orang-orang yang memiliki warna kulit lebih dominan kepada putih atau lebih cerah, dan orang yang memiliki warna kulit lebih gelap atau lebih cokelat biasanya memiliki undertone kuning, seperti kebanyakan kulit orang Indonesia. Sedangkan orang yang memiliki warna kulit di antara pink dan kuning, memiliki undertone yang netral.
source: https://corporate.target.com/article/2014/04/picking-the-best-foundation-for-your-skin-tone
Jika kamu kebingungan untuk menentukan warna undertone atau warna asli kulit, kamu bisa menggunakan aksesoris berupa kalung berwarna emas dan perak. Apabila kamu terlihat cocok mengenakan kalung berwarna emas, artinya warna undertone kamu adalah cool/rose undertone. Sebaliknya, bila kalung berwarna perak lebih cocok kamu kenakan, berarti warm adalah warna undertone kamu. Namun, apabila ternyata kamu terlihat cocok dengan keduanya, ini tandanya kamu memiliki warna kulit asli yang netral.

3. Gunakan kulit pada area wajah dan leher

source: http://www.yourbeautyadvisor.com/category/makeup/makeup-trends/page/3/
Jangan gunakan kulit pada tanganmu untuk mencoba foundation. Tapi gunakanlah kulit pada area wajah dan leher. Umumnya, kulit wajah dan tangan memiliki warna yang jauh berbeda. Hal inilah yang biasanya menyebabkan kesalahan dalam memilih warna ketika seseorang menggunakan tangannya untuk mencoba foundation. Kemudian, pilihlah warna foundation yang mirip dengan warna kulit leher, jangan memilih warna foundation yang lebih terang ataupun lebih gelap.

4. Kenakan makeup yang tipis

source: http://kejarcitamu.com/cara-tampil-cantik-tanpa-make-up/
Gunakanlah makeup setipis mungkin atau bahkan tidak perlu memakai makeup sama sekali jika kamu ingin membeli foundation. Selain itu, jangan percaya dengan lighting yang ada di toko kosmetik karena lighting-nya yang bagus memberikan kesan wajah menjadi seolah-olah tampak lebih bagus. Setelah mencoba foundation, tunggulah beberapa lama sembari berkeliling. Hal ini kamu lakukan untuk melihat apakah foundation tersebut cocok atau tidak dengan warna kulit pada wajahmu.

5. Berkonsultasi dengan beauty advisor

source: http://www.farmerscareers.co.nz/discover-our-careers/store-careers/beauty-sales/
Jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan beauty advisor di mana kamu akan membeli foundation. Mintalah saran kepada beauty advisor tentang warna mana yang sesuai. Ingat, jangan terburu-buru ketika membeli!