source: http://www.wired.co.uk/news/archive/2013-05/30/bendy-chimp-feet
Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kaki menjadi bau. Salah satu penyebab bau kaki bisa saja karena keringat yang terperangkap pada area kaki yang menggunakan kaos kaki dan sepatu sehingga keringat bercampur dengan bakteri. Selain itu, menggunakan kaos kaki yang masih basah, entah basah karena terkena hijan atau basah karena belum kering dijemur, juga dapat menjadi pemicu bau pada kaki. Namun, jika kaki sudah terlanjur bau maka, harus sesegera mungkin diatasi. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau kaki :

1. Gunakan Sabun Anti Bakteri

Jika kaki sudah terlanjur bau, kamu bisa memilih sabun anti bakteri yang sudah banyak beredar dipasaran untuk membersihkan kaki. Gunakan sabun anti bakteri setiap kali kamu mencuci kakimu untuk membersihkan sisa kotoran dan keringat yang menempel pada kaki.
source: http://www.dettol.co.id/products/untuk-keluarga-anda/dettol-antibacterial-original-bar-soap/

2. Larutan Alkohol

Cara selanjutnya, kamu bisa menggunakan larutan alkohol. Caranya, siapkan larutan alkohol di dalam wadah, lalu rendam handuk atau kain bersih di dalamnya. Gunakan handuk yang sudah direndam tadi untuk ditempelkan pada kedua kaki. Lalu diamkan beberapa menit. Larutan alkohol dipercaya mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau pada kaki.

3. Baking Soda

Rendam kaki dalam air yang sudah dicampur dengan baking soda. Baking soda yang merupakan bahan tambahan pembuatan kue ini juga mampu menghilangkan bau kaki. Baking soda dapat menyerap bau pada kaki sekaligus meminimalisir jumlah bakteri penyebab bau pada kaki.

4. Air Perasan Jeruk Lemon

Selain baking soda, air perasan jeruk lemon juga bisa dijadikan obat untuk menghilangkan bau kaki. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampur air tawar dengan air perasan jeruk lemon atau jeruk nipis di dalam baskom atau wadah yang bisa digunakan untuk merendam kaki. Aduk hingga cairan tercampur rata. Setelah itu, rendam kaki dalam larutan tersebut selama 15-25 menit. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
source: http://idws.id/portal/gaya-hidup/beauty-and-body-care/1306/Bersihkan-Tuntas-Komedo-Dengan-Cara-ini--

5. Kopi Hitam

Kopi hitam juga lumayan ampuh menghilangkan bau pada kaki. Caranya, taburi kopi hitam bubuk pada kaki lalu ratakan hingga merata. Diamkan selam 15-20 menit. Setelah itu, bersihkan kaki hingga bersih.
source: http://spirit.web.id/manfaat-ampas-kopi-untuk-kecantikan
Itulah tips menghilangkan bau pada kaki yang bisa kamu lakukan di rumah. Selain itu, kamu juga harus rajin mengganti sepatu dan kaos kaki yang digunakan, gunakanlah kaos kaki yang mudah menyerap keringat dan bersih, perhatikan juga kuku kaki, dan sebagainya untuk menunjang keberhasilan tips di atas dan juga untuk mencegah bau kaki muncul kembali.