source: http://foodfacts.mercola.com/banana.html
Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar diet pisang? Apakah diet yang dilakukan dengan hanya mengonsumsi buah pisang setiap hari? Mungkin sebagian orang bisa saja berpikiran seperti itu. Apakah salah? Sebenarnya, tidak sepenuhnya salah. Metode diet pisang yang dimaksud dalam bahasan kita ini yaitu diet yang dilakukan dengan memasukkan buah pisang ke dalam menu harian kita atau mengganti beberapa makanan yang biasa kita makan dengan buah pisang. Diet pisang ini dipercaya cukup efektif menurunkan beran badan. Dengan rasa buah pisang yang enak sehingga tidak membuat kita merasa sangat tersiksa saat menjalankan diet yang satu ini. Selain itu, buah ini juga murah dan mudah didapatkan.

Langkah yang Dilakukan

Sarapan
Untuk sarapan, gantilah menu sarapan harianmu dengan memakan 1 sampai 2 buah pisang dan jangan lupa minum air putih.
Makan Siang
Untuk makan siang, kamu bisa mengonsumsi makanan apa saja. Namun, perhatikan pula kandungan nutrisi pada makanan yang kamu konsumsi. Agar diet ini lebih efektif, usahakan untuk menghindari makanan yang mengandung minyak dan tinggi kalori. Kamu juga bisa lho mengonsumsi makanan enak seperti gado-gado, sup, atau makanan sejenis yang kamu suka. Dan jangan lupa hindari mengonsumsi cemilan, es krim, dan makanan yang dingin dan manis.
Makan Malam
Saat makan malam, siapkan 1 gelas susu rendah lemak dan 1 buah pisang sebagai menu makan malammu. Setelah makan malam, hindari untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin dan manis.

Tips

1. Makanlah buah pisang segar dengan suhu kamar, bukan buah pisang yang baru kamu ambil dari lemari es atau buah pisang yang sudah diolah. Hal yang sama berlaku pula pada air putih yang kamu minum.
2. Kamu dapat makan sebanyak yang kamu mau, tetapi konsumsi makanan pada waktu yang tepat dan tidak sampai terlalu kenyang.
3. Untuk makan malam, usahakan makan di bawah jam 8 malam dan sebaiknya beri jarak waktu minimal 4 jam antara makan malam dan tidur.
4. Jika kamu merasa lapar disela waktu sebelum makan siang atau sebelum makan malam, cobalah minum air putih terlebih dulu. Namun jika perut masih terasa lapar, kamu boleh mengonsumsi satu buah pisang.
5. Perbanyak minum air putih.
6. Luangkan waktu untuk berolahraga. Lari pagi atau berjalan kaki selama 20 menit juga cukup membantu jika jadwalmu padat.

Mengapa Metode Diet Pisang Dapat Menurunkan Berat Badan?

Pisang mengandung serat yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Selain itu, pisang juga dapat mengurangi kolestrol dan dapat melencarkan pencernaan. Karena sifatnya yang memberi rasa kenyang, sehingga konsumsi makanan yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dapat berkurang. Buah yang satu ini juga dapat membantu penurunan berat badan dan membantu mengendalikan gula darah dalam tubuh karena memiliki indeks glikemik yang rendah.
Namun, metode diet ini bukanlah diet super cepat. Dibutuhkan waktu untuk dapat memperoleh berat badan yang diinginkan. Jika kamu ingin menjalankan metode diet ini, jangan lupa sertakan kesabaran dan kedisiplinan saat menjalankannya. Selamat mencoba, Beautynesian!