source: http://pms.about.com/od/menstrualcycledisorders/a/symptoms_mcds.htm
Haid atau menstruasi adalah proses peluruhan dinding rahim atau endometrium yang menebal karena tidak ada pembuahan pada sel telur. Jarak antara menstruasi yang satu ke menstruasi berikutnya (siklus menstruasi) pada wanita berbeda-beda. Siklus menstuasi pada wanita berkisar antara 21-35 hari, namun rata-rata berjarak 28 hari. Nah, jika kamu mengalami telat haid, mungkin salah satu hal berikut merupakan penyebabnya.

1. Stres

Penyebab telat haid yang cukup sering yaitu stres. Banyak faktor yang menjadi penyebab seseorang mengalami stres. Keadaan ini dapat mengganggu keseimbangan hormon hingga memiliki dampak pada bagian otak yang bertugas mengatus siklus haid. Tidak hanya itu, stres juga dapat membuat berat badan dapat turun atau naik secara drastis. Dan hal ini juga menjadi penyebab haid datang terlambat.

2. Sindrom Polycystic Ovary

Sindrom Polycystic Ovary atau PCO merupakan kelainan pada tubuh wanita di mana tubuh lebih banyak menghasilkan hormon androgen. Hal ini dapat menyebabkan gagalnya proses ovulasi. Jika tidak terjadi proses ovulasi maka tidak terjadi pula menstruasi atau haid.

3. Berat Badan Tidak Normal

Berat badan yang tidak normal, entah terlalu rendah atau berat badan berlebihan hingga mengalami obesitas merupakan salah satu faktor haid dapat datang terlambat. Seseorang yang memiliki bobot tubuh terlampau rendah atau jauh diatas berat ideal dapat menyebabkan fungsi organ tubuh terganggu, termasuk fungsi organ kewanitaan. Dan hal ini dapat menghambat proses ovulasi.

4. Penyakit Tiroid

Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid di mana hormon ini mempengaruhi kerja estrogen yang merupakan hormon yang berpengaruh pada siklus menstruasi.