1. Mengetahui Ukuran Kaki

Mengetahui ukuran kaki kamu sendiri ketika membeli sepatu adalah syarat utama dan pertama yang mesti kamu lakukan. Sebaiknya kamu juga rutin memperhatikan ukuran kaki kamu, karena seiring berjalannya waktu bisa juga ada perubahan pada ukuran kaki kamu.
source: http://umietha-shop.blogspot.co.id/2011/04/cara-mengukur-kaki-untuk-sepatu-yang.html

2. Mengetahui Bentuk Kaki

Mengetahui bentuk kaki juga sangat penting. Hal ini nantinya berhubungan dengan model sepatu yang akan kamu pilih. Untuk kamu yang memiliki betis besar tentunya tidak disarankan memakai sepatu model boots yang cocok digunakan untuk yang memiliki betis kecil.
source: http://antiketombe.clear.co.id/women/pilih-sepatu-sesuai-bentuk-telapak-kaki-068ee08.html

3. Perhatikan Model/Bentuk Sepatu

Apabila kamu memutuskan menggunakan atau membeli sepatu hak tinggi, sebaiknya pilih juga yang nyaman. Ada baiknya jangan memakai yang terlalu tinggi atau runcing. Hal ini agar kamu nyaman berjalan dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan misalnya keseleo atau terjatuh. Memakai sepatu hak tinggi juga seharusnya tidak terlalu sering dan dalam kurun waktu yang lama. Perhatikan juga pola sepatu, apakah sudah sesuai dengan bentuk kaki kamu dan dapat menopang berat badan kamu? Jika kamu memperhatikan hal ini, maka akan mengurangi kemungkinan cedera pada kaki.
source: http://puputridista.blogspot.co.id/2015/11/tips-memilih-sepatu-yang-nyaman.html

4. Memilih Sepatu Sesuai Bentuk Tubuh

Selain bentuk kaki, kamu juga harus mengenal terlebih dahulu bentuk tubuh kamu. Jika kamu memiliki tubuh yang kecil tentunya tidak dianjurkan memilih sepatu dengan ujung runcing karena membuat bentuk tubuh kamu makin tidak ideal. Untuk Si Tubuh Kecil, bisa memakai sepatu dengan ujung bulat, wedges, platform atau heels tanpa tali. Heels dengan tali akan memotong tinggi kamu sehingga memberi kesan tubuh kamu makin pendek.
source: http://www.shoesclassicoutlet.com/

5. Jangan Terpaku/Percaya Begitu Saja pada Ukuran Sepatu yang Tertera

Beda produsen sepatu biasanya memiliki standart ukuran yang berbeda. Terkadang ketika kamu membeli sepatu merk A ukuran kamu 38, tetapi ketika membeli sepatu merk B ukuran yang pas di kaki kamu adalah 39. Oleh karena itu, jangan terpaku pada ukuran yang tertera pada sepatu. Akan lebih baik jika kamu datang langsung dan mencobanya.
source: http://www.fashionvi.net/tips-memilih-sepatu-wanita-sesuai-dengan-kepribadian/

6. Membeli Sepatu Sore Hari

Tips sederhana namun harus dicoba adalah membeli sepatu ketika sore hari. Mengapa demikian? Karena ketika sore hari setelah melakukan berbagai macam aktivitas, kaki kamu akan mencapai ukuran terbesar.
source: https://infogadis.com/memilih-sepatu-terbaik-sesuai-bentuk-tubuh/

7. Perhatikan Bahan Sepatu

Sebaiknya memilih sepatu yang berbahan kulit atau suede. Jika kamu harus memilih bahan alternatif atau sintetis, pilihlah dengan kualitas yang terbaik dan lentur. Hal ini agar kaki kamu nyaman dan bisa bernafas serta tidak mudah lecet.
source: http://benformal.com/blog/gambar-sepatu-kerja-wanita/

8. Memilih Warna yang Tepat

Memilih sepatu juga harus disesuaikan dengan warna kulit. Jika kamu memiliki warna kulit gelap bisa memilih warna netral seperti cokelat atau hitam. Terkadang membeli sepatu juga disesuaikan dengan warna baju, tetapi akan lebih hemat jika kamu memilih dengan warna-warna netral sehingga bisa masuk ke semua warna baju.
source: http://id.aliexpress.com/w/wholesale-black-buckle-booties.html

9. Harus Dicoba

Hal yang tidak boleh dilupakan adalah mencoba sepatu. Pakailah keduanya dan gunakan untuk berjalan. Cobalah memakainya dan berjalan di lantai yang keras, bukan di atas karpet atau alas lunak lainnya. Hal ini untuk membuktikan kenyamanan sepatu ketika kamu memakainya.
source: https://m.tempo.co/read/news/2012/10/04/203433728/berburu-kuliner-di-pasar-indonesia-senayan

10. Jangan Tergoda Trend Sepatu

Jangan tergoda model sepatu yang sedang trend. Pertama karena jika sebuah model sepatu atau merk tertentu sedang trend pasti harganya jauh lebih mahal. Kedua, bisa jadi trend ini justru akan cepat usang digilas oleh perkembangan model sepatu yang baru atau lebih up to date lagi. Kemungkinan kamu ingin dikatakan modis atau stylish dengan mengikuti trend yang ada.
source: http://rizqcollection.weebly.com/home/-gaya-ala-k-pop-everywhere-everyday