1. Mengurangi Intensitas Cahaya Monitor


Jangan menyetting tingkat kecerahan pada monitor terlalu tinggi atau terlalu rendah. Layar monitor yang terlalu gelap akan membuat mata Minasan kesulitan untuk melihat tampilan. Sementara itu, jika Minasan mengatur layar monitor dengan tingkat kecerahan yang tinggi, maka radiasi gelombang elektromagnetik yang dihasilkan akan semakin tinggi dan tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan mata. Jadi, aturlah tingkat kecerahan yang senyaman mungkin untuk mata Minasan.

2. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi


Gunakanlah kacamata anti radiasi untuk mengurangi paparan intensitas cahaya monitor yang masuk ke mata. Kacamata ini khusus dibuat dengan tujuan tersebut dan dapat dijumpai di toko kacamata terdekat. Gantilah kacamata ini setiap beberapa bulan sekali untuk tetap menjaga kualitas.

3. Mengalihkan Pandangan


Sekali-sekali arahkan pandangan ke benda-benda lain di sekitar Minasan untuk mengurangi ketegangana pada otot mata. Otot mata akan mengalami ketegangan jika terus-menerus menatap layar monitor. Alihkan pandangan ke benda yang berada jauh dari mata Minasan atau melihat pemandangan di luar. Hal ini untuk mengistirahatkan otot mata yang tegang.

4. Atur Jarak Pandang terhadap Layar


Jangan meletakkan layar monitor terlalu dekat dengan mata, aturlah jarak pandang minimal 45 cm.

5. Istirahat yang Cukup


Manfaatkan waktu istirahat di rumah sebaik mungkin. Berusahalah untuk tidak kembali menatap layar komputer ketika sudah berada di rumah. Jika tidak, hal ini akan membuat mata Minasan bekerja lebih keras. Tidurlah dalam keadaan ruangan yang gelap untuk membantu mata beristirahat secara maksimal.

6. Konsumsi Buah dan Sayur


Makanlah buah dan sayur setiap hari untuk menjaga kesehatan mata, terutama wortel dan tomat. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang sangat kaya sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata. Minasan dapat mengkonsumsinya secara langsung maupun dalam bentuk jus.