1. Usahakan Sepatu Selalu dalam Keadaan Kering

Kondisikan sepatumu dalam keadaan kering sebelum kamu letakkan ke tempat penyimpanan atau sebelum kamu gunakan. Jika sepatumu lembab, entah karena terkena air hujan atau karena keringat, biarkan sepatu sepatu terkena angin dulu beberapa saat hingga kering. Jika sudah kering, sepatu sudah bisa disimpan.
source: http://beritafashion.com/referensi-model-sepatu-wanita-terbaru-2014-2015/

2. Hindari Menumpuk Sepatu

Disarankan untuk tidak menumpuk sepatu. Jika itu yang terjadi, maka dapat merusak sepatu yang berada di tumpukan paling bawah. Gunakanlah rak khusus untuk menyimpan sepatu. Selain terlihat rapi, menggunakan rak khusus juga mempermudah kita mengambil sepatu yang ingin digunakan. Kamu juga bisa meletakkan silica gel atau kapur barus ke dalam tempat penyimpanan untuk menghindari sepatu dari jamur.
source: https://blog.tokopedia.com/2015/03/hobi-koleksi-sepatu-ini-dia-9-fakta-unik-sepatu-di-dunia/

3. Hilangkan Kebiasaan Menggunakan Sepatu Selama Beberapa Hari Berturut-turut

Ternyata sepatu membutuhkan waktu selama 24 jam untuk sirkulasi udara sebelum digunakan kembali. Oleh karena itu, jika hari ini kamu sudah menggunakan sepatu favoritmu, keesokkan hari sebaiknya gunakan sepatu yang lain.

4. Gunakan Bedak Jika Kaki Mudah Berkeringat

Jika kakimu mudah berkeringat, pastikan kaki dalam keadaan kering terlebih dulu sebelum mengenakan sepatu. Setelah itu, taburi bedak tabur untuk menjaga kaki tetap kering dan segar. Kamu bisa memanfaatkan bedak tabur yang digunakan untuk atasi gatal dan biang keringat seperti Bedak Salicyl dari Kimia Farma.
source: http://www.vitaminobat.com/index.php?cat=100&catname=Beauty&subcat=&subcatname=&itemid=1299&itemname=Bedak+Salicyl+Kimia+Farma+60+Gram

5. Jangan Gunakan High Heels untuk Menyetir Mobil

Sebaiknya, ganti high heels dengan sandal saat menyetir mobil. Menggunakan high heels saat menyetir mobil dapat membut sol sepatu cepat rusak, karena pada saat kamu menginjak rem mobil, sol sepatu akan terus menerus tertekan. Begitu pula saat kamu menggunakan kendaaran umum, kamu bisa menggunakan sandal terlebih dahulu kemudian ganti dengan high heels setelah sampai tujuan.