1. Pastikan Kulit Kepala Selalu Bersih

Ketombe bisa muncul karena rambut kurang bersih. Keramas secara teratur agar kulit rambut tetap terjaga kebersihannya. Cuci rambut setidaknya dua sampai tiga kali seminggu. Kulit kepala yang bersih dapat mencegah akumulasi sel kulit mati pada rambut dan juga kulit kepala.
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/43410-jangan-cuci-rambut-setiap-hari-karena.html

2. Pilih Sampo yang Tepat

Banyak sampo yang direkomendasikan khusus untuk mengatasi masalah rambut berketombe. Pilih sampo yang mengandung zinc pyrithione, tea tree oil, teh hijau dan ketozonazole. Kamu bisa menggunakan Matrix Biolage Scalpsync Mint Shampoo. Kandungannya dapat mendinginkan kepala karena adanya mint di dalamnya. Bisa membersihkan minyak yang berlebihan dan menyegarkan kulit kepala. Kamu bisa mendapatkan produk ini seharga Rp255 ribu.
source: http://www.feelunique.com/p/Matrix-Biolage-Scalpsync-Cooling-Mint-Shampoo-250ml

3. Conditioner

Maksimalkan perawatan rambut berketombe dengan conditioner. Gunakan conditioner pada rambut mulai dari tengah sampai ujung rambut. Karena bagian tersebut paling mudah menyebabkan rambut rusak. Selain itu conditioner yang mengenai kulit kepala bisa menimbulkan ketombe. Setelah selesai bilas dengan air sampai rambut tidak terasa berminyak.

4. Sisir Rambut

Sisir rambut secara teratur karena bisa mengusir ketombe dan sel kulit mati. Hati-hati bila menggunakan sisir orang lain. Karena sisir yang bergantian bisa memudahkan penularan infeksi. Kamu juga bisa menggunakan minyak herbal yang terbuat dari lidah buaya untuk mengurangi ketombe. Agar penggunaannya lebih rata gunakan sisir saat memakai minyak.
source: http://diarykiranti.com/news/thread/420/intip-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-menyisir-rambut

5. Diet Seimbang

Kamu bisa mengcegah masalah rambut berketombe dengan mengkonsumsi makanan mengandung omega 3, asam lemak, vitamin E dan B. Kandungan gizi tersebut juga bisa nguatin kulit kepala mencegah rambut berketombe. Konsumsi makanan berupa sayuran, telur dan protein untuk mencegah ketombe muncul lagi.

6. Cara Alami

Kamu bisa menggunakan bahan alami seperti lemon. Campurkan tetesan lemon dan minyak mustard. Lalu oleskan di kulit kepala sambil pijat secara perlahan. Diamkan rambut yang telah dioles selama satu jam agar kandungannya meresap. Ramuan tersebut bisa mengontrol ketombe pada rambut.