1. Kalsium


Kalsium memiliki peran penting dalam menjaga tulan kuat dan peredaran darah yang lancar serta mengurangi risiko diabetes. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan depresi terutama di saat PMS.
Makanan sumber kalsium:
Yoghurt plain
Susu
Keju ricotta

2. Kromium


Kromium membantu tubuh dalam metabolisme makanan dan berperan penting menambah kadar serotonin, norepinefrin dan melatonin pada otak yang mengontrol mood.
Makanan sumber kromium:
Brokoli
Jus anggur
Kentang
Dada Turkey

3. Folat


Folat (disebut juga B9 atau asam folat) membantu tumbuh dalam membentuk sel-sel baru dan mendukung peredaran serotonin. Serotonin ini membantu otak menentukan mood pada perilaku sosial.
Makanan sumber folat:
Bayam
Asparagus
Alpukat

4. Zat besi


Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan cepat lelah dan depresi. Zat besi juga berperan mendistribusikan oksigen dan menguatkan otot-otot. Mengkonsumsi zat besi dapat menghindarkan dari depresi yang sering dialami wanita pada saat PMS.
Makanan sumber zat besi:
Oatmeal
Kedelai
Daging iga sapi

5. Magnesium


Merupakan jenis mineral yang berperan penting dalam menjaga dan melindungi kesehatan tubuh. Kekurangan magnesium dapat mengakibatkan ketidaksabaran, capek dan kecenderungan stress.
Sumber makanan magnesium:
Almond
Bayam
Kacang-kacangan
Edamame

6. Omega 3


Omega 3 adalah asam lemak yang berkontribusi hingga 18% dari berat otak. Kekurangan omega 3 dapat menyebabkan penurunan daya ingat dan suasana hati yang mudah berubah.
Makanan sumber omega 3:
Salmon
Bayam
Ikan Herring

7. Vitamin B6


Mengkonsumsi vitamin B6 secara teratur penting agar fungsi otak berjalan dengan baik, yang memperanguhi emosimu. Vitamin B6 juga efektif mengatasi depresi saat PMS.
Makanan sumber vitamin B6:
Gindara
Dada ayam
Sereal

8. Vitamin B12


Vitamin B12 membantu pembentukan sel darah merah dan jaringan saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kecapekan dalam jangka pendek, respon yang melambat dan paranoia.
Makanan sumber vitamin B12:
Keju Swiss
Keju Mozzarella
Tuna kalengan

9. Vitamin D


Kalau kamu sedang sedih, menambah asupan vitamin D dapat membantu mengurangi depresi. Kekurangan vitamin D adalah akibat dari terlalu sering di dalam ruangan dan kurang paparan sinar matahari.
Makanan sumber vitamin D:
Telur
Salmon
Susu

10. Seng


Seng (atau zinc) mendukung sistem kekebalan tubuh. Diet yang kurang akan seng dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh berkurang, kehilangan napsu makan, anemia serta depresi.
Makanan sumber seng:
Kacang mente
Kepiting Alaska
Daging babi
Kuncinya adalah banyak makan makanan bergizi yang memperlancar fungsi otak agar moodmu tidak jelek dan dapat berujung depresi.