Mengapa Flat Shoes Begitu Digemari?

Dunia fashion yang dinamis selalu membawa perkembangan baru bagi tren berbusana para wanita dan laki-laki. Tidak hanya pakaian, sepatu juga menjadi salah satu elemen berbusana yang penting untuk melengkapi penampilan kita. Salah satu jenis sepatu wanita yang paling populer adalah flat shoes. Apa yang membuat flat shoes begitu populer?
1. Flat shoes cocok dikenakan untuk acara kasual maupun formal. Meskipun high heels dan wedges lebih banyak dipilih untuk acara formal, bukan berarti flat shoes tidak cocok dipadupadankan dengan dress yang elegan. Kita hanya tinggal menentukan model flat shoes yang dikenakan. Untuk acara kasual, tentunya flat shoes cocok dipadukan dengan kaos santai dan celana jeans.
2. Tidak seperti high heels yang bisa menyebabkan kaki sakit dan pegal saat lama-lama dipakai, flat shoes lebih nyaman untuk dipakai dalam jangka waktu yang lama.
source: http://www.facetofeet.com/fashion/901/3/4-alasan-mengapa-sebaiknya-kamu-menggunakan-flat-shoes
Ya, memakai flat shoes tentu lebih aman. Kamu tidak perlu takut untuk terjatuh atau ujung sepatumu menancap pada lubang yang ada di jalan.
source: http://www.facetofeet.com/fashion/901/3/4-alasan-mengapa-sebaiknya-kamu-menggunakan-flat-shoes
3. Untuk kamu yang memiliki budget terbatas, flat shoes dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis ketimbang high heels. Model flat shoes yang beragam juga membuat sepatu ini semakin populer.
4. Flat Shoes juga dirasa lebih praktis untuk dipakai, terutama jika kegiatan kita sangat padat yang mengharuskan kita bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

Flat Shoes & Masalah Kesehatan yang Ditimbulkannya

Ballerina flats mungkin terlihat lebih nyaman dibandingkan dengan killer heels. Namun, bukan berarti menggunakannya dalam waktu lama tidak memberikan efek samping. ahli ortopedi mengatakan bahwa sering mengenakan alas sepatu yang tipis berbahaya bagi kesehatan. Karena pada saat menggunakan flat shoes, otot-otot kaki, tendon (tulang belakang kaki bagian bawah) pembuluh darah dan sendi bagian kaki menanggung beban 3 kali lebih banyak. Hal ini dapat menyebabkan kram, nyeri otot dan sakit punggung, serta masalah lutut. Sol yang terlalu tipis pada flat shoes dapat menimbulkan plantar fasciitis, yaitu peradangan pada jaringan fibrosa tebal yang melintang dari tumit hingga jari kaki. Jaringan tersebut disebut plantar fascia dan berguna untuk menopang otot dan lengkungan telapak kaki serta menghubungkan tulang tumit ke jari-jari kaki. Jika terlalu meregang atau terlalu sering digunakan, permukaan plantar fascia bisa sobek hingga menyebabkan peradangan, nyeri, dan sulit berjalan.
source: http://tabloidnova.com/Kesehatan/Wanita/Benarkah-Flat-Shoes-Merusak-Kaki-Anda
Banyak wanita menganggap flat shoes adalah pilihan yang lebih aman dan nyaman (ketimbang sepatu hak tinggi), yang mereka tak sadari, sepatu datar yang tak memiliki hak sama sekali membuat tumit dan bagian tungkai tak tersangga dengan baik," ujar Dr. Daniel Drapacz, dokter spesialis kaki dari New York kepada SheKnows.
source: http://tabloidnova.com/Kesehatan/Wanita/Benarkah-Flat-Shoes-Merusak-Kaki-Anda
Selain itu sering menggunakan flat shoes juga dapat mengakibatkan nyeri pada tumit, bengkak pada jaringan tebal di dasar kaki, tumit pecah-pecah, nyeri pinggul, dan dampak yang paling parah adalah terjadinya keretakan tulang telapak kaki. Ini dikarenakan karena flat shoes tidak memiliki bantalan empuk yang dapat memberikan penahan dan melindungi kaki agar saat berjalan tidak berhentakkan langsung. Terlalu sering memakai flat shoes juga dapat menyebabkan ingrown toenails (kuku kaki tumbuh ke dalam) yang kemudian dapat menyebabkan infeksi internal dan kemudian menyebar hingga ke tulang. Hal ini dapat terjadi jika flat shoes kita terlalu sempit.

Tips Memilih & Mengenakan Flat Shoes

1. Investasikan uang Anda pada flat shoes yang berkualitas. Jangan terlalu sering membeli flat shoes murah, tapi tidak dapat menyangga kaki Anda dengan benar. Mahal sedikit nggak apa-apa, yang penting kesehatan terjaga. Hindari juga membeli flat shoes dengan sol yang terlalu tipis, ya!
2. Jika sol flat shoes Anda terlalu tipis, berikan bantalan ekstra pada sol bagian dalam. Sekarang bantalan sol sudah banyak dijual di drugstore, convenience store, atau toko-toko sepatu kesayangan Anda.
3. Jangan membeli flat shoes jika ukurannya terlalu sempit, karena ini dapat memicu ingrown toenails. Pastikan saat Anda memakainya, jari-jari kaki Anda tetap dapat bergerak di dalam sepatu Anda.
4. Jika Anda tetap menginginkan sepatu dengan hak datar, belilah sepatu yang memiliki platform datar setinggi 2-3 cm. Atau pilihlah sepatu low-heel yang tidak kalah trendi.
source: http://www.whowhatwear.com/upsetting-facts-about-wearing-flats/
Get a pair of low-heeled shoes instead of flats. A shoe with a broad, thick heel is often much better for your health than a pair of flats is.
source: http://www.whowhatwear.com/upsetting-facts-about-wearing-flats/
Tampil modis memang penting, tapi jangan lupa untuk tetap menomor satukan kesehatan ya, Beautynesian!