1. Tentukan budget kalian


Kondisi ekonomi kamu dan teman-temanmu tentunya tidak sama. Kalau sesampainya di tujuan teman-temanmu ingin makan di pinggir jalan tapi sebagian merasa jijik, ini bisa jadi pemicu pertengkaran di antara kalian. Tentukan range budget dari awal karena ini penting!

2. Bayar tagihan sendiri-sendiri


Usahakan untuk membawa uang receh dalam jumlah yang cukup untuk menghindari utang piutang. Kalau kamu terpaksa berhutang, bayar segera utangmu sesegera mungkin.

3. Kompromi


Teman-temanmu ingin berenang di waterpark tapi kamu enggak? Daripada menggerutu terus, lebih baik kami berkompromi dengan dirimu sendiri dan tetap tersenyum sambil mengikuti rencana mereka.

4. Bagi menjadi 2 grup


Sebagian temanmu ingin belanja, tapi sebagian lagi ingin keliling kota. Kenapa tidak bagi 2 saja grupmu agar lebih efisien dan semua senang?

5. Sisakan waktu sendiri


Menjadi makhluk sosial selama 24 jam saat liburan juga bisa melelahkan. Sekali-sekali pisahkan dirimu dari grup untuk berfoto dan menikmati pemandangan dengan tenang.

6. Ketahui batasmu


Saat di taman bermain, semua temanmu ingin naik jet coaster berkecepatan tinggi padahal kamu takut dengan wahana yang memacu adrenalin. Kalau kamu tidak ingin naik, tidak usah naik daripada nanti kamu mual dan muntah seharian.

7. Bawa headphone


Headphone juga berguna untuk menghindari hal-hal yang menyebalkan di tengah liburan bersama, seperti temanmu yang selalu ngomel tentang makanan dan cerewet tentang banyak hal.

8. Sabar!


Di antara teman bepergianmu, biasanya ada satu yang selalu menyebalkan dan sering menyulut emosimu. Sabar, sabar dan sabar! Lebih baik sabar dan tetap tersenyum daripada suasana liburan kalian jadi enggak enak.
Terapkan tips-tips ini saat liburan bersama teman-temanmu dan have fun!