Gejala Flu


Cara terbaik untuk mengusir flu adalah dengan minum banyak cairan dan makan makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Sup Kaldu


Kaldu tulang ayam memiliki asam amino yang disebut sistein yang membantu mengencerkan lendir pada paru-paru, melegakan saluran pernapasan, mencegah dehidrasi dan melawan radang pada tenggorokan.

2. Teh Hijau


Minuman panas dapat melegakan tenggorokan yang serik. Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat melawan infeksi dan menjaga kekebalan tubuh.

3. Jeruk


Lapisan kulit tipis pada buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk bali dan jeruk nipis mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat kesembuhanmu.

4. Makanan Pedas


Makanan pedas dapat membuat hidung yang tersumbat lebih lega dan mata lebih berair. Makanan pedas juga efektif melawan penyumbatan secara alami jadi tambahkan bubuk cabai, wasabi atau mustard pedas ke dalam makananmu.

Sakit Perut


Di saat perutmu bermasalah, makanlah makanan yang hambar rasanya agar mudah dicerna dan memperbanyak minum air untuk mempercepat penyembuhan.

1. Roti dan Crackers


Crackers tawar atau roti tanpa mentega adalah makanan tidak berasa yang mudah dicerna. Makanan tinggi pati ini tidak akan memperburuk keadaan perut karena dapat membantu menstabilkan pencernaan.

2. Pisang


Kaya akan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama setelah berkeringat, muntah atau diare. Pisang juga mudah dicerna, dapat mengurangi suhu tubuh dan membantu mengganti elektrolit yang hilang.

3. Jahe


Efektif untuk mencegah mual dan penyakit lambung lainnya seperti sembelit, kembung dan muntah. Minum teh jahe dapat membantu mengurangi permasalahan lambung.

Hindari Makanan Ini


Tubuhmu akan lbih rentan selama sakit, jadi sebaiknya hindari memakan makanan yang membuat tubuhmu bekerja semakin berat. Beberapa makanan tertentu dapat membuat tubuhmu lebih parah.

1. Asam dan Pedas


Makanan pedas baik untuk hidung tersumbat, tapi dapat menyebabkan keadaan perutmu lebih parah jika disertai diare. Hindari juga makanan asam karena akan memperparah keadaan lambungmu.

2. Tinggi Lemak dan Gula


Asupan gula yang tinggi dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan mengakibatkan radang. Sedangkan makanan tinggi lemak akan lebih sulit dicerna saat sedang sakit dan dapat menyebabkan sakit perut.

3. Produk Susu


Banyak orang menganggap produk dari susu dapat menambah produksi lendir yang dapat menyumbat pernapasanmu dan memperparah keadaan jika kamu sedang diare.
Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi memikirkan makanan apa yang sebaiknya dimakan dan tidak dimakan saat sakit. Semoga cepat sembuh!