1. Basahi Rambut

Sebaiknya basahi rambut dengan air hangat terlebih dahulu. Air hangat mampu membuka pori-pori kulit kepala sehingga sampo bisa membersihkan minyak dan kotoran yang masih tersembunyi di sela-sela kulit kepala.
source: http://wolipop.detik.com/read/2010/03/18/102258/1320130/234/rambut-indah-dengan-keramas

2. Memakai Sampo

Setelah rambut basah dengan air hangat dan semua kotoran keluar, gunakan sampo di seluruh rambut sampai di sela-selanya. Pastikan semua rambut terkena sampo secara merata. Namun yang perlu diperhatikan jangan hanya mengusap rambut dengan sampo atau menggosok kulit rambut dengan kuku karena bisa menyebabkan luka dan perih. Sebaiknya lakukan pijatan kecil dengan ujung jari mulai dari kepala sampai dengan ujung rambut.
source: http://www.fashionhairshop.com/product/hair-care/shampoo/loreal-absolut-repair-cellular-shampoo-500ml.html
Bila kamu memiliki rambut berwarna, sampo diusapkan dari batang rambut sampai ke kulit kepala. Gunakan sampo khusus agar warnanya tidak pudar. Untuk perawatan rambut berketombe kamu bisa menggunakan L'Oreal Expert Absolut Repair Cellular Shampo. Kandungannya bisa memperkuat rambut dan membuatnya lebih bersinar. Diformulasikan dengan Neurofibrine untuk memperbaiki rambut rusak. Kamu bisa mendapatkan produk ini seharga Rp199 ribu.

3. Rambut Kurang Berbusa

Gunakan sampo yang kedua kalinya bila memang rambut masih tampak kurang bersih. Apalagi bila busa sampo pertama busanya hanya sedikit. Hal ini juga bisa terjadi karena minyak dan kotoran menumpuk di kepala. Agar lebih optimal gunakan sampo kembali untuk kedua kalinya sehingga benar-benar bersih.

4. Memakai Conditioner

Setelah rambut dibilas lanjutkan memakai conditioner. Hati-hati saat memakai conditioner, aplikasikan dari tengah rambut sampai ujung rambut. Hindari menggunakan conditioner mengenai kulit rambut. Conditioner digunakan untuk menutrisi setiap helaian rambut. Conditioner juga bisa menutupi kutikula rambut yang terbuka karena sampo. Pilih conditioner yang sesuai dengan sampo yang kamu gunakan.
source: http://www.ebay.com.au/itm/LOreal-Professionnel-Expert-Absolut-Repair-Cellular-Repairing-Conditioner-750ml-/230735467523

5. Bilas Dengan Air Dingin

Saat membilas rambut gunakan air dingin. Karena air dingin juga membantu menutup kutikula rambut. Bila kamu membilas rambut dengan air hangat justru bisa membuat khasiat dari conditioner hilang. Kemudian, keringkan rambut menggunakan handuk dengan menepuk-nepuk rambut secara perlahan. Bila terlalu keras rambut akan basah dan mudah patah.