1. Waxing

Metode waxing lebih baik dipilih daripada metode shaving (mencukur). Metode pengangkatan rambut halus dengan cara waxing lebih maksimal. Metode ini enggak hanya bisa mengangkat bulu tapi juga menghilangkan kulit mati di sekitar kulit ketiak. Efek sampingnya juga enggak bikin kulit ketiak hitam karena tidak banyak gesekan seperti metode shaving. Sebaiknya kamu melakukan cara ini di salon profesional dengan tenaga ahli.
source: http://www.alodokter.com/Kulit-Terlihat-Mulus-Berkat-Waxing

2. Menggunakan Bahan Alami

Kamu juga bisa memutihkan ketiak dengan lemon atau jeruk nipis. Gosokkan potongan lemon atau jeruk nipis pada ketiak. Kemudian diamkan kurang lebih 10 menit. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu meregenerasi kulit ketiak sehingga lebih putih. Lakukan cara ini dua hari sekali untuk mendapatkan hasil optimal. Namun karena kandungan asamnya yang tinggi, lemon tidak dianjurkan buat digunakan setelah waxing atau shaving.
source: https://hanifdhian.wordpress.com/

3. Menggunakan Bedak Anti Jamur

Selain menggunakan deodoran, bedak anti jamur bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Bedak anti jamur bisa jadi pilihan terbaik bila memang tidak ingin bersentuhan dengan bahan kimia. Selain itu deodoran yang tidak sesuai juga bisa membuat ketiak menghitam.

4. Krim Pencerah

Penyebab ketiak menghitam bisa terjadi karena beberapa hal. Salah satunya karena lapisan kulit mati atau pigmentasi kulit. Masalah pigmentasi bisa diatasi dengan mengoleskan lotion atau yang mengandung bahan hydroquinone. Fungsinya bisa menghambat pembentukan melanin (zat pigmen kulit) yang bisa mencerahkan kulit.

5. Pilih Deodoran yang Tepat

Tidak semua produk deodoran cocok digunakan oleh semua wanita. Bila deodoran yang kamu gunakan membuat ketiak menghitam sebaiknya ganti dengan deodoran lainnya. Deodoran dirancang sebagai antisperspirant, menghilangkan bau dan menyerap keringat. Karena mengandung aluminium salt atau garam alumunium. Kamu bisa memilih deodoran yang mengandung produk meneral, organik atau yang bisa mencerahkan kulit seperti vitamin E. Salah satu deodoran yang bisa kamu coba Dove Whitening Silky Dry. Membuat ketiak tetap kering selama beraktivitas. Produk ini dapat mencerahkan kulit ketiak dan membuatnya lebih halus. Karena kandungannya terdapat vitamin E dan F. Produk ini dibandrol dengan harga Rp25 ribu yang tersedia di swalayan.
source: https://www.tokopedia.com/chocolaterie23/dove-whitening-silk-dry-deodorant