Memilih Busana & Hijab Sesuai Cuaca

Pada saat cuaca panas, sebaiknya hindari busana dan hijab berwarna gelap, karena warna gelap justru akan mudah menyerap panas. Sebaliknya pilihlah warna terang, yang lebih tahan terhadap panas. Begitu pula dengan bahan. Bahan katun, linen dan rayon akan lebih ramah terhadap kulit karena teksturnya ringan dan nyaman, sedangkan bahan sutra, wool dan kanvas lebih mudah mengundang keringat.
source: http://inspirasi.matawanita.com
Ketika cuaca dingin, kamu boleh menggunakan bahan wool dan polyester yang bisa menjaga kehangatan kulit. Tetapi, kamu harus tetap hati-hati, apabila pakaian kamu terkena basah akibat hujan atau angin. Karena, busana lembab yang dibiarkan terlalu lama bisa menumbuhkan jamur pada kulit kamu. Untuk menjaga kulit sehat di balik busana muslimah kamu, segeralah mengganti pakaian yang basah dengan pakaian yang kering. Dan jangan lupa untuk mengeringkan kulit terlebih dahulu.

Hindari Busana yang Ketat

Busana ketat akan memperkecil ruang pernafasan di permukaan kulit. Keluarnya cairan tubuh berupa keringat akibat gerakan atau suhu yang tinggi, berdampak pada tumbuhnya jamur di kulit yang lembab tersebut. Jamur sangat mudah menyebar, hingga menimbulkan penyakit seperti panu atau kurap, yang akan sangat mengganggu karena rasa gatal berlebihan.
"Pakaian ketat dan transparan tenyata sangat berbahaya menurut majalah kedokteran di Inggris. Pakaian ketat yang dikenakan dalam waktu panjang dapat menyebabkan Kanker Milanoma. Menurut penelitian ilmiah, pakaian ketat yang dikenakan oleh wanita di terik matahari dalam waktu yang panjang, setelah beberapa tahun menyebabkan kanker ganas milanoma pada usia dini."
source: http://www.tabayyunnews.com/
Selain itu, ujung-ujung saraf tepi pada kulit juga bisa terganggu apabila kamu terlalu sering mengenakan busana ketat. Rasa gatal dan panas seperti kesemutan bisa menyerang kulit kamu. Tidak hanya itu, lama-kelamaan kamu bisa merasa seperti kulit kamu terbakar dan bahkan mati rasa. Jadi, untuk menjaga kulit sehat di balik busana muslimah kamu, kenakanlah busana yang longgar. Selain memenuhi aturan agama, juga baik untuk kesehatan kulit, kan?

Jaga Kebersihan & Kelembutan Kulit

Mandi secara rutin dan mengeringkan tubuh dengan sempurna menggunakan handuk yang bersih dan kering, adalah salah satu perawatan kulit yang paling mudah. Lakukanlah dengan cukup dua kali sehari secara teratur, agar kuman-kuman yang datang setelah kamu beraktivitas tidak sempat mengganggu kesehatan kulitmu. Untuk menjaga kelembaban alami kulit, kamu bisa menggunakan lotion, masker atau bahkan lulur dari bahan alami yang cocok untuk kulitmu.
Untuk perawatan dari dalam tubuh agar kulit kamu tetap sehat di balik busana muslimah, jangan lupa mengkonsumsi makanan yang mampu menutrisi kulit. Misalnya telur, susu, brokoli, dan wortel yang mengandung vitamin A, berfungsi menjaga kelembaban kulit kamu, mencegah kulit kering, bersisik dan keriput. Menjaga kesehatan kulit dari dalam tubuh sangat penting untuk mengurangi gejala penuaan dini. Kulit mulus dan sehat, dambaan setiap wanita, bukan?