source: http://bahayakosmetikpalsu.blogspot.co.id

Peradangan Kulit

Jika ingin kulitmu sehat sebaiknya perhatikan tanggal kadaluwarsa produk kosmetik yang kamu miliki. Pasalnya, menggunakan kosmetik yang sudah kadaluwarsa dapat memicu munculnya peradangan pada kulit. Biasanya ditandainya gatal yang disertai dengan kemerahan dan bentol. Jika sudah mengalami hal ini, tentunya akan membuat kita sangat khawatir dan melakukan berbagai cara untuk mengatasinya termasuk pergi ke dokter spesialis kulit. Selain itu, butuh waktu untuk membuat kulit wajah kembali seperti semula. Sebaiknya segera ganti dan beli yang baru produk kosmetik yang sudah tidak layak pakai.

Guratan Pada Kulit

Masalah kulit selanjutnya yang ditimbulkan akibat penggunaan kosmetik yang kadaluwarsa yaitu munculnya guratan seperti bekas luka pada kulit. Hal ini sungguh mengganggu penampilan bukan? Selain itu, guratan ini dapat meninggalkan bekas yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya.

Jerawat

Kosmetik yang sudah kadaluwarsa dapat menyumbat pori-pori yang berakibat pada munculnya jerawat di wajah. Dan juga formula yang terkandung di dalamnya sudah tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya sehingga menjadi tidak ramah lagi jika mengalami kontak langsung dengan kulit wajah.

Alergi

Alergi pada kulit juga dapat terjadi akibat penggunaan kosmetik yang sudah kadaluwarsa. Gejala yang terjadi biasanya seperti ruam, bentol hingga bengkak dan jika sudah cukup parah, maka dapat menyebabkan infeksi kulit parah hingga terjadi pembentukan nanah.

Infeksi Mata

Menggunakan kosmetik untuk riasan mata seperti maskara atau eyeliner yang sudah kadaluwarsa juga dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan mata. Mata merah, terasa gatal, iritasi hingga infeksi pada mata dapat terjadi akibat dari penggunaan kosmetik untuk mata yang kadaluwarsa.