source: http://sumutmedia.net/index.php/2015/12/21/5-fakta-mengenai-mata/

1. Minum Air Putih yang Cukup

Jika kebutuhan air di dalam tubuh tercukupi, maka secara otomatis akan membuat mata terlihat lebih berseri. Sebaliknya, tubuh yang mengalami dehidrasi akan berdampak pada pancaran mata. Mata cenderung terlihat lesu dan sayu. Untuk itu, jangan malas untuk mengonsumsi air putih yah. Dan cukupi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum air putih minimal delapan gelas perhari.

2. Membersihkan Dengan Air Dingin

Setelah bangun tidur, basuhlah wajah dengan air dingin sambil membuka dan mengedipkan mata agar air dapat meluruhkan kotoran yang terdapat pada mata. Cara ini dapat membersihkan mata dan membuat mata menjadi lebih rileks dan segar. Kamu juga bisa melakukan cara ini beberapa kali dalam satu hari.

3. Tidur Secukupnya

Mata juga butuh istirahat yang cukup. Tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik dapat membuat mata menjadi lebih segar keesokkan harinya.

4. Konsumsi makanan sehat

Perawatan dari dalam pun tidak kalah pentingnya untuk memiliki mata yang sehat dan indah. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin ini seperti, pepaya, bayam, dan wortel.

5. Lindungi Mata dengan Kacamata Saat di Luar Ruangan

Debu dan kotoran yang terdapat di luar ruangan, bisa saja masuk ke dalam mata. Hal ini dapat membuat mata menjadi merah, gatal, dan iritasi. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan kacamata saat berada di luar ruangan agar debu maupun kotoran tidak mudah masuk ke mata.

6. Gunakan Aturan 20/20/20

Jika aktivitasmu sehari-hari menggunakan komputer, untuk menjaga mata agar tetap sehat, kamu bisa mengikuti aturan 20/20/20. Artinya saat kamu menggunakan komputer, setiap 20 menit palingkan pandangan dari layar monitor selama 20 detik dengan memandang titik lain yang berjarak 20 kaki atau 6 meter