source: http://haicantik.com/bagaimana-cara-menghilangkan-wajah-kusam.html

1. Petroleum Jelly

Salah satu kegunaan dari petroleum jelly yaitu dapat digunakan untuk menghapus makeup di wajahmu. Caranya oleskan petroleum jelly lalu ratakan sambil diberikan sedikit pijatan pada wajah. Gunakan tisu basah untuk mengangkat semua kotoran. Tempelkan tisu pada wajah lalu tekan sambil diusap secara perlahan. Petroleum jelly juga dapat kamu gunakan pada kelopak mata untuk menghapus eyeshadow ataupun maskara. Cara ini dapat dijadikan alternatif untuk kamu yang tidak cocok menggunakan makeup remover. Kamu bisa menggunakan Petroleum Jelly dari Vaseline.
source: http://www.vaseline.co.id/product/petroleum-jelly/jelly-original.html?gclid=CLiDqsOaq8oCFdWGaAodg20J5A

2. Milk Cleanser

Milk cleanser diformulasikan untuk membersihkan wajah dan pori-pori dari kotoran. Caranya, oleskan milk cleanser ke seluruh wajah sambil diberi pijatan lembut. Setelah itu, gunakan kapas untuk mengangkat kotoran dan lihatlah kotoran yang terangkat pada kapas. Untuk menyempurnakan, kamu bisa menggunakan toner setelah menggunakan milk cleanser. Toner berguna untuk membersihkan sisa kotoran yang belum terangkat oleh milk cleanser. Selain itu, toner juga memberi efek menyegarkan di kulit. Gunakanlah rangkaian milk cleanser dan toner dari Viva Cosmetics.
source: http://www.thesilvertreasure.com/2015/02/viva-face-tonic-milk-cleanser-spirulina.html

3. Baby Oil

Baby oil tidak hanya dapat dipakai pada bayi saja. Minyak ini juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan sisa make up pada wajah. Selain itu, minyak ini tidak membuat pori-pori tersumbat dan aman digunakan untuk jenis kulit sensitif sekalipun. Caranya tuang babyoil pada kapas lalu usapkan ke wajah secara perlahan. Setelah membersihkan wajah dengan baby oil, jangan lupa untuk mencuci wajah sampai bersih.

4. Minyak Argan

Minyak argan yang memiliki banyak manfaat pada kulit ini juga dapat digunakan sebagai make up remover lho. Minyak argan cukup efektif untuk menghapus make up mata seperti eyeliner dan maskara. Selain itu, minyak ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit mulai dari normal hingga kulit sensitif. Selain bersih, wajah pun akan ternutrisi. Cara penggunaannya sama seperti menggunakan baby oil. Tuangkan terlebih dahulu minyak argan pada kapas, kemudian usapkan kapas secara perlahan pada wajah.

5. Minyak Zaitun

Selain minyak argan, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menghapus makeup. Caranya sama seperti menghapus makeup menggunakan minyak argan yaitu cukup tuangkan minyak zaitun di atas kapas, kemudian usap secara perlahan ke seluruh wajah.