source: http://kelas.ruangguru.com/basic-makeup-class

1. Oleskan Pelembab atau Moisturizer Sebelum Make up

Sebelum menempelkan makeup ke wajah, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan wajah dalam keadaan bersih. Setelah itu, aplikasikan pelembab atau moisturizer ke seluruh wajah hingga merata. Selain dapat menjaga kelembaban kulit, menggunakan pelembab sebelum mengaplikasikan make up dapat membuat make up menempel sempurna di wajah.
source: http://kosmeklik.com/3-hal-yang-perlu-diketahui-tentang-cara-memilih-pelembab-untuk-kulit-berminyak/

2. Gunakan Foundation dan Bedak Tidak Terlalu Tebal

Agar makeup dapat memberi efek terlihat lebih muda, gunakanlah foundation dan bedak secara tipi-tipis saja. Foundation atau bedak yang terlalu tebal akan terlihat cakey dan membuat garis-garis halus di wajah semakin terlihat. Selain itu, pemilihan warna foundation dan bedak juga harus disesuaikan dengan warna kulit. Agar wajah dapat terlihat fresh, aplikasikan makeup senatural mungkin dan pilihlah warna foundation dan bedak satu tingkat lebih gelap dari warna asli kulitmu.
source: http://www.kepo.loop.co.id/articles/jadi-tokoh-anime-dengan-tips-make-up-ini

3. Pakailah Eyeshadow Dengan Warna-warna Lembut

Jika ingin terlihat lebih muda, jangan menggunakan eyeshadow yang mengkilap. Selain itu, hindari pula eyeshadow warna silver dan gold. Kedua warna ini memang dapat memberi kesan elegan, namun akan memberi efek wajah terlihat lebih tua karena garis halus yang terdapat pada wajah semakin terlihat jelas. Disarankan menggunakan warna-warna lembut seperti abu-abu, nude, ataupun soft pink. Dan jangan lupa untuk memilih eyeshadow yang bertekstur matte tanpa adanya kilap atau shimmer.
source: https://www.cantik.com/blog/2015/08/24/eyeshadow-perlu-1-2-atau-3-warna/

4. Aplikasikan Blush On Pada Tulang Pipi Bagian Atas

Seiring bertambahnya usia, bukan hanya garis halus dan keriput saja yang mulai muncul, tetapi bagian wajah juga menurun seperti pipi. Nah, untuk mengatasi masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan blush on. Agar terlihat segar dan lebih muda, gunakan blush on berwarna cerah namun tetap ringan seperti peach atau oranye. Caranya dengan menyapukan blush on pada tulang pipi bagian atas. Trik ini dapat membuat wajah terlihat semakin tirus juga lho. Kamu bisa menggunakan L'Oreal Paris Lucent Magique Blush Palette 03 Blushing Kiss. Blush on ini dijual dengan harga Rp123.000 di Sephora.co.id.
source: http://beautyandmakeupmatters.com/blush-blush-rose-gold-from-loreal-paris-is-here/