Nasi Kepal Ala Jepang

Bagi penggemar masakan Jepang pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Onigiri merupakan nasi kepal yang biasanya berbentuk segitiga yang dilapisi dengan nori (rumput laut). Onigiri tradisional khas Jepang biasanya berisi umeboshi, sejenis asinan dari buah plum yang rasanya masam. Selain itu ada juga yang berisi ikan salmon, katsuobushi (ikan calang yang telah dikeringkan), konbu (sejenis rumput laut), tarako (telur ikan yang diasinkan) atau bahan lain yang cenderung asin dan masam.
Onigiri khas Jepang memang cenderung sederhana dan tidak memerlukan banyak bahan. Namun kini telah banyak variasi dari isian onigiri yang membuat sajian ini lebih kaya akan rasa. Salah satu resep yang bisa kamu coba adalah resep berikut ini.

Yakiniku Onigiri

Suka dengan yakinku? Kamu bisa variasikan daging yakiniku dengan onigiri. Berikut bahan yang kamu perlukan.
Bahan (untuk 1 porsi):
3 lembar daging sapi (daging untuk yakiniku)
1/2 sdm saus yakiniku (kamu bisa gunakan saus yakiniku siap pakai yang tersedia di beberapa supermarket)
1/2 lembar selada
1/2 sdm mayones
1 lembar nori (rumput laut kering)
160 gram nasi
1 lembar plastic wrap (untuk memudahkan membentuk kepalan onigiri)
Meskipun terlihat sederhana, membuat kepalan onigiri terkadang tidaklah mudah bagi sebagian orang. Untuk menu yang satu ini kamu bisa gunakan plastic wrap untuk memudahkan membuat kepalan.
Cara Membuat:
1. Panggang daging menggunakan wajan anti lengket (Teflon) sambil mengoleskan saus yakiniku pada daging. Masak daging hingga matang. Angkat lalu sisihkan.
2. Siapkan plastic wrap dan letakkan 1 lembar nori diatasnya. Taruh sekitar setengah bagian dari nasi yang telah disediakan di atas nori.
3. Letakkan daging yakiniku yang telah dipanggang di atas nasi, olesi dengan mayones, kemudian tambahkan selada, dan yang terakhir tutup dengan sisa nasi.
4. Lipat keempat sudut ke bagian tengah, bungkus dengan plastic wrap untuk menghasilkan bentuk yang rapi.
5. Setelah mendapatkan bentuk yang rapi, potong onigiri menjadi dua bagian lalu sajikan.
Selamat mencoba!