1. Persiapan bahan

Untuk membuat selai buah, bahan yang dibutuhkan sangat sederhana (sebagai contoh, mari kita membuat selai stroberi), antara lain:
- 900 g buah stroberi
- Bubuk pektin (opsional)
- 450 gr gula
- 1/4 sdt margarin atau butter
- 1/4 cangkir jus lemon

Minasan dapat menggunakan bubuk pektin untuk membuat tekstur selai lebih kental seperti jeli.

2. Pengolahan Buah

Cuci bersih stroberi lalu potong dadu sebesar 1 cm. Jika sudah, hancurkan potongan stroberi dengan pengaduk. Tidak perlu menghancurkannya sampai halus, karena potongan-potongan buah tersebut dapat meleleh dengan sendirinya ketika sudah dimasak.
Jika buah sudah hancur sesuai yang diinginkan, tambahkan margarin dan lemon juice. Aduk hingga rata. Lebih baik menggunakan margarin yang sudah dipanaskan agar dapat langsung menyatu dengan bahan lainnya.
Jus lemon di sini berfungsi untuk mengurangi rasa manis pada buah agar tidak terlalu manis ketika sudah dicampur dengan gula.

3. Memasak Selai

Jika sudah tercampur rata, panaskan bahan-bahan tersebut lalu tambahkan gula. Aduk terus menerus hingga seluruh bahan menyatu dan buah melunak. Jangan berhenti mengaduk agar selai tidak gosong pada bagian bawah. Satu hal yang perlu diingat, jika Minasan menggunakan bubuk pektin perhatikan berapa lama waktu memasak yang diajurkan.

4. Selesai Pengolahan

Setelah 10-20 menit jika bahan dirasa sudah cukup mengental, angkat. Bersihkan selai dari gelembung/busa uap pada permukaan selai dengan menggunakan sendok. Jika tidak, hal ini akan membuat rasa selai tidak enak. Tuang selai ke dalam toples yang sudah dibersihkan.

5. Tips

Minasan dapat merubah takaran sesuai selera tergantung berapa banyak selai yang Minasan ingin buat.
Tips: cobalah dahulu dengan menggunakan bahan yang lebih sedikit untuk pembelajaran guna mendapatkan hasil yang memuaskan pada pembuatan selanjutnya. Selamat mencoba!