source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/beauty/advice/a36065/tricks-for-growing-your-hair-really-really-long/

1. Mencuci Rambut Secara Berkala

Keramaslah secara rutin menggunakan sampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut dan kulit kepala 2-3 kali dalam seminggu. Gunakanlah sampo secukupnya dan jangan berlebihan. Karena, terlalu banyak bahan kimia yang diaplikasikan pada rambut ataupun kulit kepala akan berefek tidak baik. Selain itu, bilas hingga benar-benar bersih seusai keramas agar tidak ada sisa bahan kimia dari sampo yang menempel di kulit kepala. Jika sudah selesai membersihkan rambut, jangan pula langsung menyisirnya. Tunggu sampai rambut kering terlebih dulu setelah itu baru menyisir dan merapikannya.

2. Gunakan Kondisioner

Lengkapi perawatan dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner berguna untuk menutrisi rambut, menghaluskan, dan membuatnya tampak lebih berkilau.

3. Pijat Kulit Kepala Dengan Minyak Rambut

Memijat kulit kepala juga dapat kamu lakukan untuk upaya merawat rambut panjangmu agar tetap sehat. Memijat kulit kepala dipercaya dapat melancarkan aliran darah sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Melakukan pemijatan terhadap kulit kepala tidak harus dilakukan di salon saat sedang creambath saja. Kamu bisa memijat kulit kepalamu sendiri di rumah. Agar rambut dan kulit kepala juga ternutrisi, gunakanlah minyak rambut seperti minyak zaitun, minyak urang-aring, minyak almond, minyak jarak, atau minyak cem-ceman saat memijatnya. Untuk minyak cem-ceman, kamu bisa mencoba minyak cem-ceman dari Mustika Ratu. Harga Hair Oil Cem Ceman dari Mustika Ratu ini sekitar Rp24.000 yang bisa kamu beli di Pasar Swalayan.
source: http://travelingblush.com/2015/09/27/local-the-importance-of-reading-the-ingredient-list-or-how-mustika-ratu-is-fooling-you/
Pijatlah kuilt kepala secara lembut dan secara otomatis kamu juga akan merasa rileks.

4. Potong Rambut Secara Berkala

Potonglah bagian ujung rambut secara rutin minimal sebulan sekali untuk menghilangkan rambut yang kasar, bercabang, atau pecah-pecah. Dengan begitu rambut panjang akan terlihat lebih rapi dan bersih. Selain itu, memotong rambut secara berkala dapat membantu mendorong pertumbuhan rambut.

5. Pola Makan Sehat

Ubahlah pola makanmu menjadi lebih sehat jika ingin memiliki rambut panjang yang sehat. Asupan makanan di dalam tubuh akan mempengaruhi kesehatan rambut. Oleh karena itu, cukupilah kebutuhan nutrisi dalam tubuh dengan pola makan yang seimbang.

6. Rapikan Rambut Dengan Benar

Agar rambut tetap sehat, hindari penggunaan alat styling. Jika ini sulit bagimu, kamu bisa menguranginya dan jangan terlalu sering namun jangan lupa juga untuk memberi vitamin khusus pada rambutmu agar tidak mudah rusak. Selain itu, jangan mengikat rambut terlalu kuat karena dapat membuat rambut mudah rusak dan patah. Lindungi pula rambut dari paparan langsung sinar matahari jika tidak ingin rambutmu kusam dan rapuh.

7. Perawatan Dengan Bahan Alami

Tips selanjutnya, kamu bisa menggunakan perawatan dari bahan alami. Kamu bisa menggunakan gel lidah buaya atau minyak kemiri bahkan kamu juga bisa memanfaatkan santan untuk merawat kesehatan dan keindahan rambutmu. Cara mengaplikasikannya yaitu cukup oleskan saja bahan yang kamu gunakan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa menit atau sekitar 15-20 menit kemudian cuci rambut seperti keramas biasa.