1. Istirahat yang Cukup

Jangan menghabiskan waktu dengan begadang menonton film atau bermain game dan sebagainya karena hal ini akan membuat tubuh Minasan bekerja lebih keras, terutama mata sehingga hal ini menyebabkan Minasan merasa lelah.
Regenerasi sel-sel pada tubuh kita terjadi saat kita tidur, jadi jika waktu istirahat kita kurang, proses ini tidak dapat berjalan maksimal. Istirahat yang cukup akan membantu Minasan mendapat energi baru untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

2. Menjaga Ketahanan Tubuh

Jika di ruangan tempat Minasan bekerja terdapat anggota yang sakit, misalnya flu, maka Minasan harus memperkuat kekebalan tubuh karena flu ini mudah sekali menular. Pakailah masker jika perlu dan penuhi kebutuhan vitamin C karena vitamin C mampu membantu menjaga kekebalan tubuh kita.

3. Stretching

Duduk selama berjam-jam di depan layar monitor membuat otot punggung tegang. Cobalah untuk stretching selama beberapa menit setelah duduk berjam-jam untuk melemaskan otot-otot tubuh. Berjalan-jalan ke luar area ruangan juga ide yang baik untuk meluruskan otot setelah duduk lama.

4. Menyegarkan Kembali Mata

Menatap layar monitor dalam waktu yang lama akan membuat otot mata kita tegang dan ada kalanya hal ini menimbulkan rasa pusing. Cobalah untuk menatap obyek yang berada jauh dari kita untuk meregangkan otot mata yang tegang.
Lakukan hal ini minimal setengah jam sekali untuk menyeimbangkan otot mata Minasan. Jaga jarak mata Minasan dengan layar monitor, jangan terlalu dekat karena cahaya layar monitor dapat berdampak buruk untuk mata.