source: http://www.drakemedia.net/4391/2015/08/12/punya-rambut-panjang-berikut-9-tips-merawat-rambut-panjang-agar-terlihat-sehat-dan-indah/

1. Hindari Penggunaan Alat Hair Styling

Kerusakan pada rambut dapat terjadi akibat sering menggunakan alat hair styling. Uap panas yang dihasilkan dari alat tersebut dapat membuat rambut menjadi kering, rapuh dan pecah-pecah. Jika kamu memiliki kebiasaan menggunakan alat hair styling, sebaiknya segera tinggalkan agar rambutmu lebih sehat. Dan apabila rambutmu sudah terlanjur rusak akibat alat hair styling yang digunakan, kamu bisa mengatasinya menggunakan gel lidah buaya atau vitamin rambut seperti Ellips Hair Vitamin Hair Repair yang diperkaya dengan Pro Keratin Complex dan Jojoba Oil.
source: http://www.ellipshaircare.com/product/smooth-silky

2. Berhenti Merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika merokok memiliki efek buruk bagi tubuh dan kecantikan. Dan ternyata merokok juga dapat berdampak buruk untuk kesehatan rambut. Jika kamu punya kebiasaan buruk yang satu ini, segeralah tinggalkan. Bukan hanya karena kesehatan rambut saja, tetapi untuk kesehatan tubuh juga.

3. Pijat Kulit Kepala Secara Rutin

Memijat kepala dipercaya mampu meningkatkan aliran darah dan merangsang pertumbuhan rambut. Kamu bisa melakukan pijatan sendiri pada kulit kepalamu saat keramas selama 3-5 menit. Lakukan secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa melakukan pijatan dengan memberi minyak esensial, selain dapat membuat merasa lebih rileks, minyak esensial juga dapat melembabkan kulit kepala.

4. Konsumsi Makanan Kaya Protein

Asupan makanan ke dalam tubuh juga jangan lupa diperhatikan. Agar rambut lebih cepat tumbuh panjang, konsumsilah makanan yang mengandung banyak protein. Karena protein sangat baik untuk folikel rambut dalam mendukung pertumbuhan rambut. Selain itu, protein juga dapat menjaga rambut agar tetap sehat sehingga tidak mudah rusak. Maka dari itu, jangan tingggalkan mengonsumsi makanan yang kaya protein seperti kacang-kacangan, susu, telur, alpukat, tiram, dan daging.

5. Kurangi Berenang

Air dalam kolam renang mengandung klorin yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Untuk mengatasinya kamu bisa mengurangi jadwal berenangmu. Namun jika hal ini dirasa sulit kamu bisa menggunakan penutup rambut saat berenang agar klorin tidak langsung mengenai rambut. Dan sehabis berenang langsung bilas dan cuci rambut menggunakan sampo dan tambahkan pula kondisioner untuk memberi kelembaban ekstra pada rambut.

6. Perawatan Dari Luar Menggunakan Bahan Alami

Agar rambut tumbuh panjang lebih cepat, kamu bisa melakukan perawatan menggunakan bahan alami seperti santan, minyak zaitun, dan minyak kemiri. Untuk melakukan perawatan menggunakan santan caranya cukup mudah. Siapakan santal kental secukupnya lalu balurkan pada kulit kepada sampai merata. Setelah itu, tutup menggunakan handuk hangat dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah selesai, bilas dan cuci rambut menggunakan air hingga bersih.
Sedangkan perawatan menggunakan minyak zaitun atau minyak kemiri. Caranya, oleskan minyak zaitun atau minyak kemiri pada kulit kepala sambil dilakukan pemijatan lembut selama 5 menit. Diamkan minyak menempel selama semalaman lalu bilas keesokkan harinya dengan keramas seperti bisa saat mandi.