Waktu liburan panjang memang sudah lewat ya, Beautynesian. Tapi, kalo kamu sudah merasa penat dengan kegiatan kuliah atau pekerjaan yang terlalu padat, mungkin kamu harus 'mencuri' waktu untuk mengambil jatah cuti agar bisa merileksasikan tubuh dengan piknik atau berlibur. Tak usah mengambil waktu lama dan mengeluarkan uang yang banyak. Kamu bisa berlibur ala ransel, lho. Namun, hal paling ditakutkan bagi kebanyakan perempuan yang sedang liburan ala ransel ialah perubahan warna kulit dan merasa tidak cantik ketika berselfie di objek wisata. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama berlibur.

1. Tetap Bersihkan Wajah

Karena terlalu lelah setelah jalan-jalan seharian, tak banyak orang yang melupakan rutinitas satu ini. Walaupun sudah menggunakan sabun khusus wajah, namun hal ini tidak berarti wajahmu sudah bersih. Pastikan kamu juga membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih, toner, dan gunakan pelembab wajah.
Bila itu membuat ranselmu penuh, kamu bisa menuangkan susu pembersih ke botol yang lebih kecil. Begitu juga dengan pelembab wajah, kamu bisa menaruhnya di tempat yang lebih kecil. Untuk toner, kamu bisa memasukan kapas ke dalam plastik kliper dan tuangkan toner secukupnya. Lalu, satukan dalam tas kecil dan letakan di tempat yang mudah diraih agar tidak membongkar seluruh isi tas kamu.

2. Bawa Sheet Mask Pack

Agar wajah lebih fresh keesokan harinya, kamu bisa membawa sheet mask pack atau masker langsung pakai. Cari mask pack yang mengandung aloe vera. Tujuannya untuk menenangkan kulit dan memberikan kelembaban pada kulit.
Sensasi pendinginan Sheet Mask menyegarkan kulit kamu dan esensi cair mereka juga menyerap. Sehingga membuat wajahku menjadi lembab dan cerah.
source: http://www.wengie.com/beauty/how-to-find-best-korean-face-mask-a/

3. Gunakan Sunscreen (Tabir Surya)

Sebelum melakukan liburan, pastikan sunscreen juga sudah masuk di list bawaan kamu. Sunscreen atau tabir surya ini memang ampuh untuk melawan sinar matahari yang bisa membuat kulit menghitam dan mencegah kanker kulit. Sesuaikan sunscreen dengan jenis kulit kamu, ya. Sebab, kulit yang sensitif dan kering, cocok untuk menggunakan tabir surya berjenis lotion/krim. Pilih juga yang memiliki kandungan SPF 30 atau lebih. Pastikan berlabel broad spectrum (melindung kulit dari UVA dan UVB) dan gunakan setiap dua jam sekali.

4. Bawa & Gunakan Makeup Secukupnya

Ketika liburan ala ransel, hal yang paling penting adalah untuk tidak menggunakan makeup secara berlebihan. Cukup poleskan bedak, lip balm, dan sedikit goresan eyeliner agar tidak menarik perhatian. Selain itu, penggunaan makeup yang tidak berlebihan ini untuk mencegah makeup yang menyumbat pori-pori akibat terkena sinar matahari dan keringat.

5. Banyak Minum Air Putih

Berlibur ala ransel yang biasanya lebih senang berjalan kaki dan menaiki kendaraan umum. Untuk itu pastikan air putih selalu selalu di tas kamu. Ketika terkena suhu udara panas, kulit akan berusaha agar tetap dingin. Air akan berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan mencegah tubuh dehidrasi. Sehingga, kulit tidak akan cepat muncul keriput dan garis-garis halus akibat dari paparan sinar matahari.

6. Ikat Rambut & Dry Shampoo

Jangan malu untuk tampil apa adanya ketika menggunakan ransel. Perjalanan yang memakan waktu berjam-jam hingga berhari-hari pasti akan membuat rambutmu menjadi berminyak. Terutama bila lokasi yang dikunjungi sedang panas. Rambut yang berminyak akan menampilkan wajah tidak segar dan mengganggu ketika akan ber-selfie. So, mengikat rambut merupakan penolong pertama untuk mengatasi itu. Tetapi, tidak disarankan mengikatnya terlalu ketat sehingga membuatnya menjadi rontok.
Kalau masih ada ruang di dalam tas, kamu bisa membawa dry shampoo lho, Beautynesian. Ini juga disarankan agar tampilan rambut yang berminyak tidak mengganggu aktivitas jalan-jalan dan liburan kamu.