1. Belanja di Toko Duty Free


Bandara internasional umumnya memiliki toko duty free. Ya, ini saatnya kamu belanja produk make up terbaru keluaran merek-merek papan atas! Atau oleh-olehmu masih kurang? Cokelat, rokok hingga minuman alkohol pun juga banyak dijual di toko duty free lo.

2. Makan di Restoran


Kalau kamu tidak sempat makan sebelumnya, sekarang saatnya memilih tempat makan yang ingin kamu kunjungi. Bagaimana kalu makan di restoran yang enggak buka cabang di Indonesia? Atau kamu punya akses ke airport lounge?

3. Pelajarai Fasilitas Bandara


Saatnya kamu mencari tahu fasilitas penunjang apa saja yang ada di bandara tempatmu berada. Siapa tahu ada bioskop atau kebun kupu-kupu seperti di Changi, Singapura!

4. Jalan-Jalan di Terminal Keberangkatan


Bosan duduk di 1 tempat? Kalau begitu saatnya kamu jalan-jalan menelusuri terminal keberangkatan. Kamu akan duduk sepanjang perjalanan di pesawat, jadi ada baiknya menggerakan kakimu lebih dulu.

5. Refund VAT


Beberapa negara memiliki kebijakan untuk mengembalikan pajak dari barang yang kalian beli sebesar 7%. Kalau kamu belanja di toko yang mendukung program VAT refund dan masih menyimpan strunya, tukarkan sekarang juga untuk menerima 7% bebas pajak khusus turis.

6. Ikut City Tour


Kalau kamu belum melewati gerbang keberangkatan atau imigrasi, cek apakah pihak bandara menyediakan city tour gratis. Biasanya mereka menyediakan city tour singkat untuk penumpang transit dengan minimal waktu transit 4 jam. Siapa tahu kamu juga bisa ikutan.

7. Perhatikan Orang-Orang


Nggak ingin ke mana-mana? Kalau begitu carilah tempat duduk dengan posisi strategis dan perhatikan orang-orang yang lalu lalang di sekitarmu. Memperhatikan orang-orang dari negara yang berbeda juga mengasyikkan lo.

8. Tidur


Kamu terlanjur bangun pagi, tapi ternyata penerbanganmu ditunda. Berarti saatnya untuk membayar hutang tidur. Carilah tempat yang nyaman untuk tidur seperti airport lounge atau kursi tanpa sandaran lengan.
Awas jangan sampai keasyikan melakukan 8 hal di atas lalu kelewatan jam penerbanganmu ya!