1. Anti Bakteri & Jamur

Cengkeh memiliki zat aktif yang disebut eugenol. Zat ini terbukti mengandung anti jamur, sehingga efektif melawan penyakit pada kulit akibat cacing cincin. Selain melawan bakteri yang membahayakan perut, cengkeh juga dapat melawan bakteri pada mulut.

2. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa cengkeh dapat menangkal penyakit kanker. Terutama kanker paru-paru, payudara, ovarium dan jenis kanker lain pada tahap awal. Selain itu cengkeh bermanfaat sebagai ekspektoran yang bisa menyembuhkan gangguan pernapasan.

3. Mengurangi Sakit Kepala

Cengkeh yang dikenal hanya sebagai bumbu masak ini juga mampu meredakan sakit kepala hanya dalam waktu beberapa menit. Coba konsumsi susu yang dicampur dengan cengkeh bubuk. Cara ini cukup efektif menurunkan sakit kepala dengan cepat.
source: http://ciricara.com/2012/08/10/inilah-makanan-dan-minuman-yang-membuat-anda-sakit-kepala/

4. Perangsang

Meskipun belum ada klaim namun baru-baru ini penelitian menemukan bahwa cengkeh memiliki zat perangsang. Cengkeh dapat meningkatkan libido dan memperbaiki infertilitas. Coba konsumsi cengkeh dengan cara dibuat teh kemudian campurkan dengan madu.
source: https://www.brilio.net/life/atasi-muntah-dengan-8-makan-dan-minum-ini-manjur-nikmat-151126u.html

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

Kamu bisa menyeduh cengkeh bubuk untuk dibuat teh yang bisa mengatasi masalah pencernaan. Rempah-rempah ini dapat meningkatkan sekresi enzim pencernaan yang bisa mengatasi masalah perut kembung dan mual.