1. Makin Dekat, Makin Murah


Debut liburan ke luar negeri pertama kali dan langsung memilih liburan ke Eropa sih sah-sah saja, tapi harga tiketnya juga enggak akan murah. Coba pilih destinasi liburan ke negara tetangga seperti Singapura, Kuala Lumpur atau Bangkok untuk tiket pesawat yang murah.

2. Pilih Negara Bebas Visa


Biaya untuk mengurus visa juga tidak sedikit lo. Contohnya biaya visa ke Australia sekitar Rp 1.400.000 dan ke Korea Selatan sekitar Rp 480.000! Pilih negara tujuan bebas visa seperti negara-negara ASEAN.

3. Pergilah Saat Off Season


Kalau kamu pergi saat libur lebaran atau tahun baru, otomatis semua biaya akan membengkak seperti tiket pesawat dan akomodasi. Selain itu, tempat wisata cenderung penuh sesak dengan turis saat high season.

4. Beli Paket Tiket Pesawat + Hotel


Sekarang banyak maskapai menjual paket tiket pesawat + hotel yang lebih murah dibandingkan pesan sendiri-sendiri. Atau kamu juga bisa pesan melalui travel agent terpercaya untuk memesankannya.

5. Jangan Pernah Datang ke Hotel Tanpa Booking


Hotel memiliki harga tersendiri untuk tamu yang datang langsung tanpa reservasi sebelumnya. Hal ini juga untuk menghindari kejadian tidak enak seperti kamar hotel penuh.

6. Makan Ala Warga Lokal


Makan makanan lokal khas suatu negara tentunya lebih murah dibandingkan makan makanan seperti hamburger atau kentang goreng. Hitung-hitung, sekalian wisata kuliner setempat.

7. Gunakan Transportasi Umum


Hindari naik taxi kalau tidak terpaksa dan gunakan transportasi umum seperti kereta atau bus yang harganya lebih murah. Dijamin perjalanan wisatamu akan terasa lebih seru.

8. Tahan Nafsumu Saat Belanja


Di negara tujuan, kamu akan menemukan banyak toko-toko suvenir yang dapat menguras seluruh tabunganmu. Tentukan dengan bijak barang yang ingin kamu beli sebelum belanja.
Semoga liburanmu menyenangkan dan tetap berhemat ya!