Sesuai dengan namanya, dry shampoo dapat diartikan sebagai shampo yang pengaplikasiannya tanpa dibilas atau tanpa menggunakan air. Umumnya dry shampoo terdiri dari dua jenis yaitu spray dan bubuk (powder). Dry shampoo berbentuk spray jelas lebih mudah dan lebih praktis penggunaannya dibandingkan dengan dry shampoo berbentuk bubuk. Namun dalam hal menyerap minyak berlebih dan kotoran pada kulit kepala, dry shampoo bubuk lebih baik dibandingkan bentuk spray. Dry shampoo berbentuk bubuk bukanlah suatu hal yang baru. Karena dry shampoo ini sudah digunakan oleh para wanita di era Viktorian. Namun kini, dry shampoo dibuat dalam bentuk spray yang lebih mudah dan praktis.
source: http://www.womentips.co/category/hair-care/

Apa saja kegunaan dry shampoo untuk rambut?

Selain dapat menyerap minyak berlebih pada rambut, dry shampoo memiliki beberapa manfaat lain seperti:
1. Membuat rambut terlihat bervolume
Untuk kamu yang memiliki rambut tipis dan terlalu lurus, dry shampoo dapat membantu memberikan volume pada rambut. Aplikasikan dry shampoo pada bagian tengah rambut untuk memperoleh rambut dengan volume ekstra dan untuk memberi tekstur rambut lebih terlihat, semprotkan dry shampoo pada bagian akar dan ujung rambut.
2. Mengatasi rambut kering
Dry shampoo memang ampuh dalam menyerap minyak pada rambut sehingga rambut tetap bersih walaupun tidak sempat keramas. Meski demikian, dry shampoo juga dapat digunakan pada jenis rambut kering dan kusam. Semprotkan dry shampoo, dan produki ini akan membantu mengembalikan keindahan rambutmu.

Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan dry shampoo dengan tepat?

Sebelum menggunakan dry shampoo, pastikan rambut dalam keadaan kering dan bebas dari keringat. Partikel dry shampoo dapat melekat dan menggumpal jika diaplikasikan pada rambut yang setengah basah atau basah. Hal inilah yang justru akan membuat rambut menjadi semakin kotor.
Selain itu, jarak pemakaiannya pun perlu diperhatikan. Disarankan untuk mengaplikasikan dry shampoo sekitar 20-30 cm dari akar rambut. Karena jika terlalu dekat dengan rambut, dikhawatirkan dry shampoo akan menumpuk dan tidak merata secara sempurna. Jangan menyemprotkan hanya pada bagian tertentu saja, semprotkan dry shampoo secara menyeluruh. Lalu diamkan selama 2 menit setelah itu rapikan dan sisir rambut.

Apakah dry shampoo aman digunakan setiap hari?

Dry shampoo memang memiliki fungsi yang mirip dengan sampo biasa dan dapat menjadi alternatif untuk wanita yang tidak sempat keramas namun ingin tetap memiliki rambut yang bersih, wangi, dan tidak lepek. Namun dry shampoo bukanlah pengganti shampoo biasa dan tidak boleh digunakan terlalu sering apalagi setiap hari. Perlu disadari bahwa shampoo tanpa bilas ini memiliki bahan kimia yang dapat membuat kulit kepala menjadi kering. Bayangkan jika bahan kimia tersebut tersisa di kulit kepala dan tidak segera dibersihkan, hal ini justru dapat menimbulkan masalah baru bagi kulit kepala seperti pori-pori tersumbat dan sebagainya.
Jika sudah menggunakan dry shampoo sebanyak 3 kali dalam seminggu atau sebanyak 3 kali berturut-turut, saatnya bagi kamu untuk mencuci rambutmu dengan keramas menggunakan air.
Rekomendasi produk, kamu bisa mencoba Batiste Dry Shampoo. Produk ini tersedia dalam beberapa varian diantaranya Floral & Flirty Blush, Fruty & Cheeky Cherry, Clean and Classic Original, Wild dengan wangi sensual, Tropical, XXL Volume, Fresh, dan ada pula Batiste Dry Shampoo Hint of Color of Dark & Deep Brown yang dapat melindungi rambut yang diwarnai. Jika kamu ingin membeli Batiste Dry Shampoo, kamu bisa membelinya secara online di Lazada.co.id.
source: http://www.makeupalley.com/product/showreview.asp/ItemId=86662/Dry-Shampoo/Batiste/Dry-Shampoo