source: http://anekatop10.com/kenali-10-tanda-penyakit-serius-ini-melalui-kaki-kamu/

1. Minyak Zaitun

Selain membuat kulit menjadi halus, minyak zaitun ternyata dapat dijadikan bahan untuk membuat kuku menjadi halus. Dalam menggunakan minyak zaitun untuk merawat kuku, caranya cukup mudah yaitu dengan panaskan terlebih dahulu minyak zaitun. Setelah itu, diamkan hingga minyak tidak terlalu panas atau terasa hangat. Kemudian rendamlah kuku pada minyak zaitun yang hangat selama 20 menit.
source: http://manfaat.co.id/manfaat-minyak-zaitun

2. Kulit Semangka

Jika kamu mengonsumsi semangka, mulai sekarang jangan langsung membuang kulitnya, ya. Kulit semangka dapat kita jadikan sebagai bahan untuk merawat kuku serta membersihkan kuku sehingga membuatnya terlihat mengkilap. Cara menggunakan kulit semangka untuk merawat kuku yaitu dengan menggosokkan kulit semangka pada permukaan kuku hingga air yang terdapat dalam kulit semangka mengering. Setelah selesai, cuci kuku dengan air hingga bersih.
source: http://log.viva.co.id/news/read/689642-jangan-dibuang--5-kulit-buah-ini-bermanfaat-untuk-kesehatan

3. Belimbing Wuluh

Buah yang berukuran cukup kecil, berwarna hijau dan rasanya yang sangat asam ini efektif membuat kuku menjadi bersih dan mengkilap, lho. Cara membersihkan kuku dengan belimbing wuluh sangatlah mudah. Kamu tinggal menggosokkan saja belimbing wuluh pada kuku hingga bersih. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih.
source: http://fiansyah10.blogspot.co.id

4. Bawang Putih

Bawang putih menyimpan banyak kebaikan dan manfaat bagi kita. Mulai dijadikan sebagai bahan dasar masakan, bermanfaat untuk kesehatan, kecantikan kulit, hingga dapat digunakan dalam melakukan perawatan kuku. Bawang putih dipercaya dapat menguatkan kuku, membuat kuku terlihat lebih bersih, dan mengkilap. Caranya, potong bawang putih menjadi dua bagian lalu gosokkan bawang putih pada kuku. Setelah itu, cuci kuku dengan air bersih dan sabun hingga bau bawang putih hilang.
source: http://taufiqfirdausalghifariatmadja.blogspot.co.id/2014/12/bawang-putih-si-mawar-busuk-yang-banyak.html

5. Jeruk lemon

Selanjutnya, bahan alami yang dapat digunakan untuk perawatan kuku yaitu jeruk lemon. Buah yang satu ini dapat membuat kuku tampak mengkilap. Cara menggunakannya sama dengan ketika menggunakan bawang putih yaitu dengan mengiris buah lemon terlebih dahulu kemudian gosokkan irisan tersebut pada kuku selama beberapa menit.
source: https://artyakinanthi.wordpress.com/2013/06/24/manfaat-dan-khasiat-jeruk-lemon-dan-jeruk-nipis/
Selain cara tersebut, terdapat cara lain dalam menggunakan lemon untuk merawat kuku. Caranya, pertama-tama peras jeruk lemon lalu celupkan kapas ke dalam air perasan jeruk lemon tadi. Setelah itu, pijat kuku menggunakan kapas tersebut. Apabila sudah selesai, cuci kuku dengan air bersih. Perawatan ini dapat membuat kuku tampak berkilau dan kuat.
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/19052-menghilangkan-komedo-dengan-perasan-jeruk-lemon.html
Lalu jika ingin menghilangkan noda pada kuku, kamu juga bisa menggunakan jeruk lemon. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan mencampur perasan jeruk lemon dengan satu cangkir air. Lalu gunakan air lemon tersebut untuk merendam kuku selama beberapa menit. Setelah itu, cuci kuku hingga bersih dan oleskan pelembab.
Itulah lima bahan alami yang dapat dijadikan bahan dasar untuk merawat kuku. Selain menggunakan bahan alami tersebut, kamu juga bisa melakukan perawatan dari dalam yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dapat menyehatkan kuku. Nutrisi tersebut seperti omega-3, kalsium, zat besi, zinc , protein, dan vitamin yang mengandung biotin. Dan Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kuku yang beredar di pasaran. Namun, jangan sembarang memilih produk perawatan kuku, ya. Sebelum membelinya, pastikan terlebih dahulu bahwa produk tersebut benar-benar aman digunakan.
Rekomendasi produk, kamu bisa mencoba Mavala Nailactan Nourishing Cream yang mengandung asam amino, lipid, dan keratobalancing vitamin. Zat-zat tersebut berguna untuk menyehatkan kuku dan mengembalikan kekuatannya. Sehingga kuku tidak mudah patah. Mavala Nailactan Nourishing Cream bisa kamu beli di Sephora yang dijual dengan harga Rp302.000 ukuran 15 ml.