1. Menggunakan Pembersih Khusus

Langkah pertama untuk mengatasi masalah minyak berlebihan dengan menggunakan pembersih khusus untuk kulit berminyak. Pembersih yang direkomendasikan khusus untuk kulit berminyak mengandung salicylic acid atau purifying clay. Produk dengan kandungan tersebut aman digunakan setiap hari untuk mengatasi masalah pori-pori besar agar tidak mudah tersumbat. Laneige Deep Cleansing Oil Refresh punya formula pembersih yang lembut saat diaplikasikan di wajah. Memiliki kandungan alami seperti teh hijau untuk meringankan kulit dan cengkeh untuk mengecilkan pori-pori. Produk ini direkomendasikan khusus untuk kulit berminyak.
source: http://id.ozcosmetics.com/Laneige/Deep-Minyak-Pembersih-Refresh-Untuk-Kulit-Berminyak-ke-Normal-/141949

2. Hindari Terlalu Sering Mencuci Muka

Cuci muka memang dilakukan untuk membersihkan wajah. Tapi sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering karena bisa membuat wajah kering. Bila wajah kering justru membuat wajah memproduksi minyak semakin banyak. Pilih pembersih yang bebas bahan kimia dan tidak mengiritasi kulit. Jangan lupa juga menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah.
source: http://www.vemale.com/body-and-mind/cantik/21762-hal-hal-yang-perlu-anda-tahu-tentang-mencuci-muka.html

3. Menggunakan Mineral Makeup

Kulit berminyak membuat wajah cepat mengkilap. Kamu bisa menggunakan mineral makeup yang tidak berbasis minyak. Mineral makeup juga aman untuk kulit berjerawat. Tak hanya itu mineral makeup juga bisa menenangkan kulit. Bobbi Brown Skin Foundation bisa jadi pilihan terbaik. Kandungannya dapat meratakan warna kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari.
source: http://m.detik.com/wolipop/read/2014/11/24/142846/2757407/1139/4/editors-choice-5-bedak-berbahan-mineral-untuk-menghindari-timbulnya-jerawat

4. Perhatikan Konsumsi Makanan

Tidak hanya dari produk perawatan wajah dan makeup yang perlu perhatian. Makanan juga menjadi faktor penting yang perlu kamu pertimbangkan. Makan makanan pedas dan junk food membuat kulit semakin berminyak. Lebih baik kalau kamu mengkonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan yang lebih sehat.
source: http://veemarket.co.id/tag/sayur-dan-buah/

5. Menggunakan Masker Wajah

Kamu juga perlu melakukan perawatan wajah mingguan dengan menggunakan masker. Pilih masker yang alami seperti dari buah-buahan untuk mengurangi minyak pada wajah. Campuran baking soda dan air dingin juga bisa membantu mengatasi masalah wajah berminyak.

6. Menggunakan Riasan yang Terlalu Tebal

Makeup yang terlalu tebal bikin wajah kita semakin berat. Hindari menggunakan makeup tebal untuk menutupi kilau di wajah. Karena keadaan ini membuat wajah semakin berminyak dan pori-pori semakin tersumbat. Sebaiknya gunakan makeup yang oil free dan gunakan makeup secukupnya untuk ngurangin kadar minyak.
source: https://antengpudak.wordpress.com/2013/01/17/benci-pakai-make-up-ini-triknya/