1. Cari Info Sedetil Mungkin


Hal ini wajib dilakukan sebelum berangkat ke negara tujuan! Cari info sedetil mungkin tentang transportasi umum di negara tujuan, peraturan yang ada dan info yang diperlukan. Kamu perlu menguasai tempat tujuan agar tidak terlihat seperti orang bingung.

2. Pilih Waktu Mendarat di Siang Hari


Usahakan agar kamu tiba di negara tujuan saat pagi atau siang hari. Tiket penerbangan yang tiba di malam hari memang lebih murah, tapi kamu akan kesulitan mencari transportasi umum. Selain itu, tempat yang gelap memicu terjadinya kriminalitas.

3. Berpakaian Sopan


Hindari pakaian terbuka karena justru akan mengundang perhatian tak diinginkan dari warga sekitar. Jika kamu akan mengunjungi tempat wisata religi, usahakan untuk menggunakan celana panjang dan baju yang sopan.

4. Bersikap Ramah Tapi Tetap Sewajarnya


Saat di perjalanan, kamu mungkin akan bertemu sesama solo traveler wanita lainnya. Berteman boleh-boleh saja, tapi tetap harus jaga diri karena bisa saja traveler yang kamu temui akan mencoba menipumu.

5. Selalu Gunakan Taxi Berlisensi


Cari tahu taxi mana saja yang terpercaya di negara tujuan sebelum kamu tiba, dan pastikan taxi yang kamu naiki menyalakan argonya untuk meminimalisir kecurangan.

6. Lepas Perhiasan yang Mencolok


Tinggalkan semua perhiasanmu seperti cincin, anting-anting dan kalung yang terlihat mahal di tempat yang aman untuk menghindari perampokan.

7. Tolak Makanan/Minuman Dari Orang Tak Dikenal


Jika seseorang tak dikenal menawarimu sesuatu saat di jalan, tolak dengan sopan. Kamu tidak tahu apa yang ada di dalam makanan/minuman itu 'kan? Bisa saja mengandung obat-obatan terlarang yang dapat menjerumuskanmu.

8. Hati-Hati Dengan Tempat Menginap


Kalau kamu menginap di hostel atau penginapan bermodel asrama, kamu perlu ekstra hati-hati saat menyimpan barang dan usahakan untuk mengunci bagasi dan tasmu setiap meninggalkan kamar.
Semoga perjalananmu menyenangkan dan tetap waspada ya!