source: http://octavianinurhasanah.net/2012/10/25/183-bebersih-kuas-dan-spons-bedak/

Puff

Umumnya puff digunakan untuk mengaplikasikan bedak, bronze, blush on, dan makeup lain yang berbentuk bubuk atau powder. Menggunakan puff saat mengaplikasikan bedak tabur dapat memberi efek terlihat ringan di wajah. Penggunaan puff juga bisa digantikan dengan kuas.
source: http://rebloggy.com/post/makeup-pink-cosmetics-bow-fuzzy-powder-puff/21426545765

Sponge atau Spons

Spons atau sponge memiliki bentuk yang beraneka ragam. Beraneka ragam bentuk spons ini disesuaikan dengan fungsinya. Untuk aplikator foundation cair sangat efektif menggunakan spons yang sedikit berongga yang berbentuk bulat atau pipih. Sedangkan spons berbentuk padat, cocok digunakan untuk mengaplikasikan foundation berbentuk krim. Dan ada pula spons yang berbentuk siku-siku, spons ini biasanya digunakan pada bagian tertentu seperti kelopak mata saat mengaplikasikan primer eyeshadow, atau untuk shading bagian hidung.
source: http://keytgp.blogspot.co.id/2014/01/beauty-101-makeup-sponge.html
source: https://www.tokopedia.com/twindsupplier/sponge-drops-beauty-blend-blending-all-makeup-liquidcreampowder

Kuas

Kuas juga memiliki bentuk yang bermacam-macam sesuai dengan fungsinya untuk mengaplikasikan makeup. Dengan beragamnya jenis dan bentuk kuas, alat makeup yang satu ini dapat digunakan untuk mengaplikasikan beragam jenis makeup juga mulai dari foundation, eye shadow, blush on hingga lipstik. Dan banyak pula kuas yang dijual dalam bentuk satu set lengkap seperti Zoeva Complete Set. Brush set ini terdiri dari 15 kuas dan satu buah tempat kuas berwarna hitam. Jika tertarik dengan produk ini, kamu bisa membelinya di Sephora.co.id dengan harga sekitar Rp1.665.000.
source: http://www.sephora.co.id/products/zoeva-complete-set
ZOEVA Complete Set adalah sebuah koleksi yang terdiri dari 15 brush rias wajah pilihan untuk melengkapi ritual kecantikan Anda. Setiap brush ZOEVA dibuat secara tradisional dan terbuat dari paduan helai bulu sintetis dan natural yang ideal untuk mengaplikasikan produk liquid atau powder agar Anda tampil cantik setiap hari.
source: http://www.sephora.co.id/products/zoeva-complete-set
Nah, itu dia ketiga aplikator make up yang memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Aplikator mana yang lebih baik? Pilhan tersebut tergantung dari kenyamananmu saat berdandan. Dan aplikator apapun yang kamu gunakan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya, ya.